MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Masih Jalani Pemulihan, Marc Marquez Belum Siap Jalani Pra-Musim 2020?

DEC 04, 2019@16:00 WIB | 194 Views

Dokter yang mengoperasi bahu Marc Marquez mengatakan bahwa pebalap Honda itu tidak akan siap 100% untuk memulai uji coba pra-musim 2020.

Sang juara dunia MotoGP 2019 itu mengalami masalah pada sebagian bahu kanannya dalam tabrakan di kualifikasi Sepang. Hal itu membuat catatan waktunya memburuk di Jerez minggu lalu, dan akhirnya ia mengambil keputusan untuk menjalani operasi di Barcelona.

Dokter Xavier Mir, yang sukses melakukan operasi, berharap Marquez bisa melakukan uji coba pra-musim 2020 di Sepang pada awal Februari, tetapi menganggap sang juara asal Spanyol tidak akan pulih sepenuhnya.

"Sulit untuk membuat evaluasi," kata Dr Mir ketika mengomentari masa pemulihan Marquez.

“Saya pikir dia akan siap untuk uji coba di Sepang, bahkan jika dia tidak sepenuh bugar, tetapi yang dapat kita coba pastikan adalah dia akan siap untuk balapan resmi musim depan.”

“Kami juga terbiasa membantu pemulihan bagi orang normal dengan cedera jenis ini, kira-kira membutuhkan waktu empat bulan.”

"Dia (Marc Marquez) selalu menunjukkan wajah ceria, dia selalu tampak bahagia. Di ruang operasi, dia senang berbicara dengan perawat. “

"Dia adalah orang dengan kepribadian yang sangat menyenangkan dan kali ini dia terlihat tidak sedang sakit."

Marquez sempat melakukan operasi pada bahu kirinya selama pra-musim 2018, masalah ini terulang ketika musim berjalan dan akhirnya membutuhkan operasi lebih rumit.

Dr Mir percaya bahwa tanpa operasi terbaru ini, Marquez akan mengalami dislokasi lebih lanjut ketika menjalani musim 2020.

"Jika tidak melakukannya (operasi), dia akan punya lebih banyak dislokasi dan cedernya semakin parah," katanya. “Itu adalah operasi yang jauh lebih rumit, dengan waktu pemulihan yang jauh lebih lama dan inilah mengapa dia membuat keputusan.”

“Operasi tahun lalu dilakukan pada dua bagian: operasi terbuka dengan luka kecil, dan yang kedua dengan artroskopi.”

"Artroskopi memerlukan banyak cairan ke dalam sendi, yang dapat menyebabkan peradangan yang memakan waktu beberapa hari, dan pada kesempatan ini kami bisa menghindarinya.”[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
marc marquez,
#
motogp,
#
honda