MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Marc Marquez Belum Siap 100% untuk Jalani Uji Coba di Sepang

JAN 31, 2020@10:25 WIB | 163 Views

Marc Marquez mengatakan dia akan beroperasi pada 60% sampai 70% ketika menjalani uji coba pra-musim di Sepang. Hal ini karena ia sedang dalam masa pemulihan operasi bahu, dengan rehabilitasi lebih lama daripada yang diharapkan.

Pekan lalu, Marquez menjabarkan program pemulihannya dan ingin menggunakan beberapa jenis sepeda motor untuk berlatih sebelum menuju ke Malaysia untuk uji coba pra-musim pertama.

Juara dunia MotoGP itu telah mem-posting foto dirinya di kart bermerek Fernando Alonso di media sosial dan sejak itu serangkaian gambar dan video rehabilitasi telah dipublikasikan.

Terlepas dari "sifat yang kurang agresif" dari operasi bahu kanan Marquez dibandingkan dengan operasi yang sama dengan yang ia lakukan di bahu kirinya 12 bulan sebelumnya, cedera saraf bahunya telah memperlambat kemajuan yang diharapkan.

Sebagai hasilnya, Marquez menerima bahwa dia mengalami kemunduran pemulihan dibandingkan tahun 2018 dan dengan uji coba di Sepang (7-9 Februari 2020) yang semakin dekat, pebalap Spanyol itu tampaknya perlu memodifikasi program pengujiannya dengan (motor) RC213V.

"Tentu saja bahu saya sekarang ini tidak dalam kondisi sempurna, saya ingin kondisinya lebih baik," kata Marquez.

“Pemulihan berjalan dengan baik dan memang benar sedikit lebih lambat daripada tahun sebelumnya, karena operasi bahu kiri lebih rumit dan lebih agresif tetapi pemulihannya juga memiliki cara yang berbeda.

“Yang ini sedikit lebih lambat tetapi kami bekerja keras untuk hadir, bukan 100% tetapi minimal 70% atau 60% untuk uji coba Malaysia, tetapi tujuan akhirnya adalah mencoba menjadi 100% untuk balapan Qatar.”

Tahun lalu juara dunia delapan kali itu mengakui bahwa ia tidak sepenuhnya fit sampai balapan di Qatar, di mana ia bertarung dengan Andrea Dovizioso untuk meraih kemenangan.

Dua belas (12) bulan lalu, Jorge Lorenzo yang menjadi rekan setimnya terpaksa absen dari uji coba Sepang karena cedera sekaligus menjadi hambatan untuk beradaptasi di Honda. Dan tahun ini yang menjadi rekan satu tim Marquez adalah adiknya (Alex Marquez) yang sedang dalam kondisi sangat baik.

"Tahun lalu Jorge Lorenzo cedera sehingga saya harus mengembangkan motornya," kata Marquez. “Sekarang dinamikanya sama karena rekan setim saya adalah Alex dan dia adalah seorang rookie, dan saya tidak bisa banyak bertanya mengenai konsep motor karena dia harus memahami motor dan tahu bagaimana Honda bekerja.

“Ada juga Cal Crutchlow yang sangat mampu, memiliki pendapat kedua tentang pengembangan.

“Saya pikir uji coba di Malaysia akan seperti tahun lalu. Saya tidak akan bisa melakukan semua putaran yang saya inginkan tetapi itu akan membantu untuk bekerja untuk membiasakan bahu saya pasca operasi.”[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
marc marquez,
#
honda