MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: KTM Kembangkan Mesin ‘Super’, Tim-Tim Rival di MotoGP Waspada

SEP 01, 2020@17:00 WIB | 519 Views

Beberapa pabrikan MotoGP tidak senang bahwa KTM akan diizinkan untuk mengembangkan mesinnya menjelang musim 2021, dengan kekhawatiran akan menggunakan ‘mesin super’.

KTM dan Aprilia diizinkan oleh peraturan untuk dibebaskan dari pembekuan pengembangan mesin yang diberlakukan pada produsen non-konsesi Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki. Namun, sebagai bagian dari langkah-langkah penghematan biaya setelah pandemi virus corona, semua produsen sepakat untuk menghentikan pengembangan mesin.

Beberapa media mengungkapkan pekan lalu bahwa KTM akan diizinkan untuk mengembangkan mesinnya untuk tahun depan telah kehilangan konsesi berbasis hasil sebagai akibat dari kemenangan Brad Binder dan Miguel Oliveira di GP Ceko dan Styria.

Tapi ini adalah langkah yang membuat kecewa beberapa pabrikan rival, seperti yang dijelaskan sumber terpercaya yang hadir di pertemuan asosiasi pabrikan menjelang GP Styria di mana KTM diberikan dispensasi untuk mengembangkan mesinnya.

"Kami yakin KTM sedang mempersiapkan mesin super untuk 2021," kata sumber itu. “Tidak seperti yang lain, mereka dapat membuka dan menyentuh mesin tanpa batasan apa pun. Bahkan, mereka bisa membuatnya menjadi baru sepenuhnya jika mereka mau.”

Dikabarkan juga bahwa proposal MSMA yang asli memungkinkan KTM terus berjalan dengan dua mesin tambahan yang sekarang dilakukannya, dimana hal itu menimbulkan kekhawatiran tentang ketahanan desain mesinnya saat ini.

Dengan tidak adanya suara bulat yang dicapai oleh enam pabrikan, eksekutif dari Komisi Grand Prix turun tangan dengan mengutip peraturan baru mengenai bagian homologated, di mana mesin dan fairing aerodinamis dikategorikan.

“Setiap pabrikan yang memiliki konsesi pada tahun 2020 dan yang dimulai 2021 tanpa mereka, akan tunduk pada peraturan homologasi mesinnya dari peristiwa pertama tahun 2021, di mana spesifikasi tersebut (yang pada tahun 2021) harus dipresentasikan kepada Direktur Teknis, seperti yang tercantum dalam peraturan.

Hal ini telah menimbun banyak rasa tak suka terhadap KTM, dengan beberapa pihak kecewa melihat keuntungan yang diperoleh KTM karena diizinkan untuk mengembangkan mesinnya sementara yang lain harus menggunakan versi mereka saat ini untuk menjalani kompetisi tahun 2021. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ktm,
#
motogp 2020,
#
brad binder,
#
miguel oliveira