MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: KTM Izinkan Johann Zarco Jadi ‘Test-Rider’ di Tim Lain

SEP 30, 2019@18:07 WIB | 272 Views

Ketua tim KTM, Pit Beirer, mengatakan bahwa Johann Zarco memiliki izin dari perusahaan untuk menjadi test-rider atau bahkan membalap untuk tim rival di MotoGP meskipun masih terikat kontrak.

Setelah keputusan Zarco untuk mengakhiri kontraknya lebih awal, KTM memutuskan untuk menurunkan juara dua kali Moto2 itu dari line-up pembalap dan menggantikannya dengan Mika Kallio untuk sisa musim ini. Mika Kallio mulai menggantikan Zarco sejak di GP Aragon.

Dalam pengumumannya, KTM mengklarifikasi bahwa Zarco akan tetap terdaftar di perusahaan Mattighofen sampai akhir tahun, meskipun ia tidak akan lagi mengendarai motor RC16.

Pembalap berusia 29 tahun itu tidak menutupi ambisinya untuk tetap berada di MotoGP sebagai test-rider dengan postensi wildcard musim depan. Hal itu memicu spekulasi bahwa ia dapat mengikuti audisi untuk peran seperti itu dengan pabrikan lain dalam waktu dekat.

Saat ditanya apakah ia akan mempertimbangkan untuk mengizinkan Zarco mewakili salah satu tim rival meskipun kontrak masih berjalan, Beirer mengatakan, "Ya, kami membicarakan hal ini.”

"Untuk menggarisbawahi betapa saya sangat menyukai anak ini [Zarco] dan betapa saya menginginkan yang terbaik untuknya meskipun ia terikat kontrak dengan kami dan kami akan membayarnya sampai hari terakhir musim ini. Tetapi jika ia ingin mendapat peran penguji apa pun atau balapan motor apa saja, dia bisa melawan kami dalam waktu dekat.”

"Jika ada peluang, bahkan peluang terkecil pun, dia harus memanfaatkannya dengan dukungan penuh saya. Dan kami akan memperbaiki semua surat yang diperlukan untuk mendapatkan rilis itu.”

"Saya tidak tahu bagaimana hal ini akan berjalan, tetapi kita akan mewujudkannya. Kita tidak akan menghambat karier siapa pun dan untuk itulah sikap kita sangat jelas."

Zarco telah dikaitkan kembali dengan Yamaha untuk 2020 sebagai test-rider, dengan opsi untuk balapan di MotoGP atau bahkan Moto2 musim depan setelah semuanya lebih jelas.

Mantan rekan setimnya dari Tech 3 yang bekebangsaan Prancis, Jonas Folger, direkrut untuk menjadi ujung tombak tim test-rider Yamaha Eropa tahun ini, tetapi hanya membuat penampilan sporadis di M1.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
ktm,
#
johann zarco,
#
motogp