MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Kontrak Baru, KTM Konfirmasi Bersaing di MotoGP Hingga 2026

JAN 15, 2021@18:00 WIB | 242 Views

KTM menjadi organisasi terbaru yang secara resmi mengonfirmasi tempatnya di grid kejuaraan dunia MotoGP untuk lima musim lagi, dimungkinkan untuk tetap berada di kelas utama hingga tahun 2026.

Sementara keenam pabrikan diharapkan menandatangani kontrak baru yang membentang dari 2022 hingga 2026, KTM menjelaskan terkait rencana bertahan di MotoGP beberapa tahun kedepan. Pengumuman itu datang setelah peningkatan spektakuler dalam kinerja menjelang akhir periode kontrak pertamanya, dengan tiga kemenangan diraih selama musim 2020.

Selain itu, kesepakatan tersebut mengonfirmasi Tech 3 Racing - tim satelit yang mengamankan dua kemenangan melalui Miguel Oliveira - tetap di kompetisi selama lima tahun kedepan untuk memastikan empat motor RC16 spesifikasi pabrik akan menghiasi grid.

“Saya sangat senang bisa mengumumkan kontrak baru (lima tahun) ini dengan Dorna,” kata Pit Beirer yang menjabat sebagai direktur KTM Motorsport. “Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Dorna secara khusus dan Carmelo Ezpeleta dan seluruh timnya karena kita sudah memiliki empat tahun yang hebat bersama dan mereka adalah mitra yang sangat profesional dalam olahraga penting ini.

"Setelah menjalani beberapa musim, kami menempatkan proyek ini di atas dasar yang sangat kuat, jadi ini adalah langkah positif untuk melanjutkan keterlibatan kami di MotoGP hingga 2026."

KTM muncul sebagai tim yang menonjol pada tahun 2020, musim keempat kompetisi MotoGP setelah debutnya pada tahun 2017, meraih tiga kemenangan berkat aksi Oliveira dan Brad Binder, sementara Pol Espargaro mencetak lima podium dalam perjalanan ke posisi 5 klasemen.

Itu terjadi setelah periode pengembangan yang intens menjelang tahun 2020, yang dibantu Dani Pedrosa sebagai test-rider 2019.

 “Memasuki MotoGP adalah langkah penting menuju kejuaraan besar dan kami tahu peluangnya melawan kami, tetapi energi dan ide serta keinginan dari pihak kami tidak pernah diragukan,” ungkap Hubert Trunkenpolz yang merupakan anggota dewan KTM AG (CMO).

“Hanya dalam empat tahun kami telah menjadi bagian dari pembentukan dan telah bergerak lebih jauh ke klasemen. Kami bangga dengan profil dan prestise tidak hanya di MotoGP tetapi juga memiliki pengaruh di level ini. Kita dapat melihat pengaruh kesuksesan MotoGP di seluruh bisnis serta signifikansi merek di panggung global. Kami sangat senang karena tetap menjadi bagian dari paddock MotoGP dengan struktur saat ini, dan tentunya dengan beberapa proyek menjanjikan di masa depan."

Siaran pers dari KTM tidak menyebutkan rencana di kategori Moto2 dan Moto3. Setelah menarik sasisnya dari kompetisi Moto2, KTM tetap hadir sebagai pendukung utama skuat Ajo Motorsport, sementara di Moto3, sasisnya tetap populer dan juga akan dimasukkan di bawah merek GASGAS dan Husqvarna yang dimiliki KTM pada tahun 2021.

Di kelas MotoGP, dengan Espargaro beralih ke Repsol Honda, Oliveira akan berduet dengan Binder di tim pabrik, sementara Danilo Petrucci dipasangkan dengan Iker Lecuona di Tech 3 KTM. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ktm,
#
motogp 2021,
#
kontrak baru ktm