MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Kesulitan di MotoGP Qatar, Begini Pengakuan Valentino Rossi

MAR 31, 2021@10:00 WIB | 562 Views

Valentino Rossi mengatakan dia ‘harus berjuang’ di MotoGP Qatar karena masalah ban belakang pada motornya. Pembalap 42 tahun itu lolos ke kualifikasi keempat (Q4) saat debut dengan tim SRT Petronas, tetapi mengakui bahwa dia merasa tidak cukup kuat untuk memperebutkan podium MotoGP ke-200 di hari balapan.

Rossi berjuang sepanjang akhir pekan untuk mendapatkan ketahanan dari ban belakang yang soft dan tercecer ke posisi 12 saat mencapai garis finish sekaligus terpaut 10,7 detik dari Maverick Vinales yang memenangkan podium utama untuk tim pabrikan Yamaha.

“Kami mengharapkan lebih,” kata Rossi tentang balapannya. “Terutama setelah kualifikasi, tapi dalam balapan saya sangat kesulitan. Setelah beberapa lap saya mendapat masalah dengan ban dan sayangnya ini juga terjadi pada hari Jumat.

“Setelah beberapa lap juga, kami mengalami masalah dengan ban belakang. Untuk beberapa alasan saya terlalu menekan dan ban belakang kehilangan performa, jadi setelah beberapa lap saya tidak cukup cepat.

“Ini juga terjadi saat balapan. Kami berharap masalahnya tidak membesar karena suhunya lebih baik namun segalanya menjadi sulit, saya harus berjuang keras.”

Daya tahan ban adalah masalah yang ada di motor M1, dengan Fabio Quartararo juga mendapat masalah di akhir balapan meskipun menyelamatkan posisi kelima untuk tim pabrikan Yamaha.

Rossi mengevaluasi ban belakang hard selama sesi latihan pada hari Sabtu, tetapi tidak mendapatkan cukup kecepatan untuk mengambil risiko menjalankannya dalam kondisi balapan yang lebih dingin. “Dalam perjalanan panjang hari Jumat, saya memiliki perasaan ini dan kami mencoba sesuatu, tetapi kami tidak dapat memperbaikinya,” tambahnya.

“Sabtunya, kami mencoba ban hard di bagian belakang karena kami mengalami masalah dengan ban belakang soft pada hari Jumat, tetapi ban hard tidak cukup cepat. Jadi, kami harus balapan dengan ban soft, tapi sayangnya kami menghadapi masalah yang sama, meski dengan kondisi yang lebih dingin.”

Rossi didukung oleh performa yang ditunjukkan Vinales dan Quartararo dalam balapan dan berharap dapat menganalisis data mereka untuk lebih memahami apa yang harus dikerjakan untuk GP Doha akhir pekan ini.

“Maverick sangat mengesankan dan dia melakukan balapan yang fantastis,” ungkap Rossi. “Kemenangan Yamaha memberi dampak positif. Mereka memiliki sesuatu yang berbeda dalam pengaturan dibandingkan dengan kami dan tampaknya itu bekerja jauh lebih baik.

“Quartararo kuat. Senang rasanya mencoba memahami apakah kami bisa meningkat untuk minggu depan." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp qatar 2021,
#
motogp 2021,
#
valentino rossi