MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: MotoGP Inggris dan Australia Resmi Dibatalkan untuk Tahun 2020

JUN 01, 2020@12:00 WIB | 90 Views

Putaran MotoGP di Inggris dan Australia telah dibatalkan untuk musim ini, sehingga jumlah total pembatalan balapan pada tahun 2020 menjadi lima.

MotoGP Inggris di sirkuit Silverstone telah dijadwalkan untuk 30 Agustus mendatang, sementara MotoGP Australia di sirkuit Phillip Island berada dalam kalender balapan awal untuk 25 Oktober 2020.

Tetapi dengan Britania Raya ditetapkan untuk memberlakukan karantina dua minggu wajib bagi siapa pun yang datang dari luar Inggris dan Irlandia dari tanggal 8 Juni 2020, kelayakan terkait mengatur perlombaan yang diadakan di balik pintu tertutup di Silverstone berarti perlombaan telah dibatalkan.

Hal ini mengikuti pembatalan baru-baru ini dari MotoGP Inggris 2018 ketika cuaca buruk dikombinasikan dengan masalah permukaan trek dan drainase yang memaksa perlombaan itu dibatalkan.

Masalah logistik serupa juga berarti MotoGP Australia telah dibatalkan untuk tahun 2020, sementara menyesuaikan balapan ke dalam slot kalender dalam kondisi cuaca musiman untuk balapan di Phillip Island telah menimbulkan masalah.

"Kami sedih harus mengumumkan pembatalan acara ikonik ini setelah tidak menemukan jalan keluar terkait masalah logistik dan operasional yang dihasilkan dari pandemi dan kalender yang disusun kembali," kata Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports).

"(Sirkuit) Silverstone dan Phillip Island selalu dua dari akhir pekan balapan paling mendebarkan, dengan kedua trek tidak pernah gagal memperlihatkan persaingan ketat dan sangat kompetitif.

"Atas nama Dorna, saya ingin sekali lagi menyampaikan terima kasih kepada para penggemar atas pengertian dan kesabaran mereka ketika kami menunggu situasi membaik. Kami berharap kembali ke Silverstone dan Phillip Island tahun depan untuk persaingan yang lebih besar."

Sebelumnya MotoGP telah membatalkan putaran pembuka musim di Qatar, meskipun kelas Moto2 dan Moto3 mengadakan balapan di Losail sesuai jadwal karena semua pihak dari kedua kejuaraan tersebut sudah lebih dulu tiba ketika pandemi virus corona menyerang.

Balapan di Belanda, Finlandia, dan Jerman juga telah terhambat dari jadwal, sementara beberapa balapan lain telah ditunda di akhir tahun ini.

Meskipun FIM dan Dorna belum menerbitkan revisi kalender 2020, seri ini telah mendapatkan persetujuan untuk menjadi tuan rumah dua putaran pembuka di Jerez, sambil menunggu persetujuan dari pemerintah Spanyol.

Jika rencana itu membuahkan hasil, MotoGP 2020 akan dimulai dengan Grand Prix Spanyol pada tanggal 19 Juli, diikuti oleh Grand Prix Andalusia di tempat yang sama pada 26 Juli. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp inggris,
#
motogp australia,
#
silverstone