MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Honda yang Terobsesi dengan Kecepatan Tinggi

MAR 21, 2019@12:16 WIB | 843 Views

Juara dunia MotoGP, Marc Marquez mengatakan salah satu alasan Honda memusatkan perhatian pada pengembangan mesin selama musim dingin adalah fakta bahwa Ducati tidak memiliki motor yang lebih cepat dalam garis lurus.

Pada pembuka musim Qatar, Marquez mencapai kecepatan tertinggi 352km / jam (218,7mph), hampir melampaui rekor yang dibuat pada tahun 2016 yang dimiliki pembalap Ducati Andrea Iannone.

Selain itu, tiga dari lima motor tercepat dalam hal kecepatan tertinggi di sirkuit Losail adalah Honda, dengan Cal Crutchlow dan Jorge Lorenzo bergabung dengan Marquez dalam daftar itu. Dua yang tersisa adalah Ducati (Jack Miller) dan Suzuki (Joan Mir).

Andrea Dovizioso yang memenangkan balapan, bahkan tidak termasuk dalam 10 tercepat, dengan kecepatan tertinggi 346,3km / jam (215,2mph) menempatkannya di urutan ke-11 dalam daftar.

Marquez mengatakan dia lebih suka harus berurusan dengan efek samping dari peningkatan kekuatan daripada pertempuran melawan defisit kecepatan tinggi, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

"Musim dingin ini, di Honda, mereka terobsesi dengan kecepatan tertinggi," kata Marquez. "Ketika mereka melihat motor lain lebih cepat dari kita, mereka tidak mentolerirnya.

"Ketika Anda memiliki mesin yang kuat, ada mekanik dan alat untuk menangani masalah apa pun.

"Jelas itu adalah tugas yang tidak mudah, ada banyak pertimbangan untuk mengimbangi motor agar bisa memaksimalkan kecepatan dan benar-benar memanfaatkan tenaga pada unit motor.”

Direktur olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengatakan salah satu alasan mengapa Ducati tertinggal dalam hal top speed sebabkan revisi aturan aerodinamika yang tidak lagi memungkinkan pabrikan Italia itu untuk menjalankan versi fairing tanpa sayap.
Ciabatti mengatakan, "Tahun lalu, Dovizioso berlomba di Qatar tanpa sayap dan itu memungkinkan Anda untuk mendapatkan kecepatan maksimum yang lebih tinggi.

"Namun, dengan peraturan baru, kami harus melakukan homologi fairing dengan winglets, dan Anda tidak dapat menghapusnya di beberapa sirkuit tertentu. Fakta itu berarti kecepatan maksimum motor kami menurun.

"Maka kami harus mencari cara untuk tetap menyeimbangkan motor di beberapa titik yang menguntungkan, yang  sesuai dengan pembalap kami.”

Sumber dan foto: Berbagai sumber
 

Tags :

#
motogp,
#
honda,
#
ducati,
#
marc marquez