MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Honda Umumkan Marc Marquez Sukses Jalani Operasi

NOV 30, 2019@12:00 WIB | 207 Views

Juara dunia MotoGP 2019, Marc Marquez, menjalani operasi pada hari Rabu untuk dislokasi bahu kanan yang dideritanya saat menjalani kualifikasi di Sepang.

Marquez terlempar dari motornya di Turn 2 sirkuit Sepang pada tahap kualifikasi terakhir ketika mencoba mengikuti laju Fabio Quartararo, tetapi dia dianggap lolos dari masalah cedera. Selama uji coba pasca-musim di Jerez, ia jatuh di tikungan terakhir dan mengalami dislokasi parsial bahu kanan ketika ia mendarat di luar lintasan. Kemudian dia dibawa ke pusat medis, yang kemudian kabar pertama menyebutkan bahwa pebalap asal Spanyol itu tidak mengalami masalah apa pun.

Namun, tak lama setelah itu terungkap bahwa ia mengalami cedera di bagian bahu ketika terjadi insiden di Sepang, dan jatuh saat uji coba di Jerez menambah para cedera tersebut.

Honda mengonfirmasi pada hari Rabu (27/11/2019) bahwa Marquez dioperasi di Rumah Sakit Universitari Dexeus-Quiron. Operasi ini dilakukan oleh Dr. Xavier Mir, Dr. Victor Marlet dan Dr. Teresa Marlet, semua bagian dari ICATME.

Ini adalah operasi kedua bagi Marquez untuk masalah bahu. Dia pernah mengalami cedera yang sama di pra-musim 2018, dan berjuang mengatasi masalah itu sepanjang musim untuk mempertahankan gelar juara.

Tidak jelas bagaimana operasi terbaru ini akan memengaruhi persiapan pra-musimnya, tetapi pernyataan Honda menyebutkan bahwa cedera itu mirip dengan yang terjadi pada bahu kirinya di akhir 2018.

"Musim dingin ini saya ingin merasakan liburan yang menyenangkan dan menikmati sedikit waktu tenang setelah musim 2019 yang luar biasa, tetapi sekarang saatnya untuk menjalani operasi di bahu kanan," kata pebalap berjuluk ‘The Baby Alien’ tersebut.

"Seperti semua orang tahu, musim dingin lalu sangat sulit bagi saya karena operasi di bahu kiri. Saya ingin menghindari situasi yang [membuat] bahu kanan saya dalam kondisi ini di masa depan. Jadi saya banyak konsultasi dengan para dokter untuk melihat apa saja yang menjadi pilihan.”

"Sebelum (balapan di) Motegi, saya merasakan beberapa masalah dengan bahu dan kemudian setelah kecelakaan di Malaysia, saya mengalami subluksasi (dislokasi parsial). Saat uji coba terakhir, saya mengalami subluksasi lain setelah kecelakaan, jadi kami memutuskan dengan dokter bahwa yang terbaik adalah menjalani operasi untuk menghindari situasi yang kami alami dengan bahu lainnya.”

"Ini akan memakan waktu yang kurang lebih sama seperti sebelumnya dan kami akan bekerja dengan cara yang sama untuk sampai pada uji coba Malaysia sekuat mungkin."

Meskipun mengalami cedera, Marquez masih mendominasi putaran terakhir musim ini di Valencia untuk memastikan kemenangannya yang ke-12, sekaligus memberikan Honda gelar ‘Triple Crown’.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
honda,
#
marc marquez