MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Hasil Kualifikasi Menutupi Potensi Suzuki

OCT 23, 2019@15:00 WIB | 1,887 Views

Alex Rins mengatakan bahwa potensi besar Suzuki terhambat oleh hasil buruk di kualifikasi MotoGP belakangan ini.

Setelah meraih kemenangan di Silverstone pada bulan Agustus, Rins belum mampu finis lebih baik hasil sebelumnya. Hasil terbaik Rins dalam empat balapan terakhir adalah tempat kelima dengan posisi ke-8 di grid.

Pembalap asal Spanyol itu mengakui bahwa performa buruk Suzuki merupakan penghambat saat balapan di Motegi (20/10/2019), karena ia turun ke posisi 11 dan Joan Mir turun ke posisi 12. Ia dan Mir, masing-masing hanya bisa memulihkan posisi menjadi ke-7 dan ke-8.

Rins juga mengatakan bahwa solusi untuk masalah kecepatan (motor) GSX-RR selama satu putaran pasti dibutuhkan agar bisa kembali mencetak podium di sisa balapan musim ini.

"Kami perlu meningkatkan banyak hal," kata pembalap Suzuki tersebut. "Anda bisa lihat, kami selalu start dari belakang dan itu tidak bagus untuk target kami.”

"Biasanya saya memulai balapan lebih cepat, tetapi kami menghadapi beberapa masalah pada kopling dan saya mengakhiri lap pertama dengan posisi yang lebih buruk daripada start.”

"Saya lalu berhasil memulihkan posisi, tetapi kondisi semacam itu mengharuskan saya memaksakan kinerja motor, membuka throttle lebih awal dan akhirnya menyebabkan masalah pada daya tahan ban.”

"Saya cukup sering memulihkan posisi, tetapi harus berduel dengan (Cal) Crutchlow dan pada akhirnya ia menyusul dan finis di depan saya.”

"Kami memiliki kecepatan untuk memperjuangkan podium, tetapi kami perlu lebih baik di kualifikasi."

Saat ditanya tentang bagaimana dia dan Suzuki dapat memperbaiki masalah ini, Rins menjawab, "Saya akan memperbaikinya dengan memacu kecepatan dan tancap gas lebih besar, mengambil lebih banyak risiko. Ini satu-satunya hal yang bisa dilakukan."

Dengan tiga balapan tersisa, Rins masih di posisi ketiga klasemen. Posisinya sejajar dengan Maverick Vinales (pembalap Yamaha yang finis keempat di Jepang), sementara Danilo Petrucci (Ducati) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) juga berada di posisi yang bisa naik lebih tinggi.

"Kami memulai kejuaraan baru dengan 75 poin," tambah Rins. "Salah satu tujuannya adalah finis ketiga. Tetapi kami melihat motor yang digunakan masih bisa meningkat.

"Kami harus menggali informasi untuk mengambil langkah musim depan. Kami perlu meningkatkan segalanya, pengereman, elektronik, aerodinamika."[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
alex rins,
#
suzuki