MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Ducati Nyaris Sepakat Dengan VR46 dan Gresini Untuk 2022

JUN 01, 2021@18:00 WIB | 187 Views

Ducati mendekati kesepakatan dengan tim VR46 dan Gresini yang akan melihat kehadiran merek di grid MotoGP dengan delapan motor pada 2022 mendatang.

Beberapa kabar dari luar negeri mengatakan bahwa pihak-pihak yang terlibat sedang mengerjakan detail akhir dari kesepakatan, dengan pengumuman akan datang pada hari-hari berikutnya.

Setelah aliansi resmi dibuat, Ducati akan meningkatkan marginnya sebagai pabrikan dengan perwakilan terbaik di grid MotoGP.

Ducati telah menjalankan delapan motor sebelumnya, dengan tiga tim satelit yaitu Pramac, Avintia dan Aspar telah membalap dengan Ducati antara 2016 dan 2018.

Menjelang GP Italia akhir pekan lalu, Pramac mengkonfirmasi perpanjangan kerjasama dengan Ducati selama tiga tahun berikutnya, dengan Johann Zarco akan tetap menjadi rekan setim Jorge Martin.

Belum diketahui spesifikasi Desmosedici yang akan dimiliki setiap pembalap, yang bergantung pada investasi dan detail lainnya yang akan dinegosiasikan.

Susunan grid 2022 ditetapkan menjadi delapan untuk Ducati, empat untuk Honda (tim pabrik dan LCR), empat untuk Yamaha (tim pabrik dan Petronas SRT), empat untuk KTM (tim pabrik dan Tech3), sementara Suzuki dan Aprilia akan memiliki hanya dua motor masing-masing. 

Kesepakatan Gresini menandai berakhirnya hubungan tujuh tahun dengan Aprilia, hubungan yang terkadang tidak bagus karena perbedaan pendapat di antara manajemen tim.

Salah satu sumber konflik terakhir adalah upaya Aprilia untuk mengamankan jasa Fabio yang merupakan pemenang balapan Moto2, setelah Di Giannantonio menandatangani kontrak dengan Gresini.

Kemudian SRT akan tetap berpegang pada dua motor Yamaha, setelah ada rumor persaingan dari VR46.

"Di Ducati, kami berada dalam posisi untuk memasok delapan motor, kami pernah melakukannya," kata Davide Tardozzi selaku manajer tim Ducati.

Hubungan VR46-Ducati tidak akan menjadi yang pertama bagi Rossi dan Ducati, setelah membalap untuk marque tersebut pada tahun 2011 dan 2012, sebuah langkah yang terbukti sangat sulit karena hanya mencetak tiga podium dalam dua musim sebelum kembali ke Yamaha pada 2013. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ducati,
#
vr46,
#
motogp 2021,
#
gresini