MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Ducati Ingin Pertahankan Enam Motor di MotoGP 2022

APR 15, 2021@11:30 WIB | 143 Views

Ducati ingin tetap menurunkan enam motor di MotoGP 2022 dan telah menghubungi Gresini Racing tentang kemungkinan kerjasama. Pabrikan Italia tersebut adalah satu-satunya tim yang menghadirkan enam pembalap di grid MotoGP saat ini, dengan memasok motor ke dua tim satelit di atas upaya pabriknya.

Pramac mendapat dukungan penuh dari pabrik Ducati, dengan Johann Zarco dan Jorge Martin menjalankan mesin yang identik dengan duo tim pabrik Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Ducati juga memasok motor berusia dua tahun ke tim Avintia, dengan semua pembalap Ducati dikontrak langsung oleh pabrikan Italia.

Berbicara kepada awak media, Paolo Ciabatti selaku pimpinan Ducati mengatakan tujuannya adalah untuk terus menurunkan enam motor pada tahun 2022. "Dalam kasus kami, idenya adalah melanjutkan dengan enam motor di tahun-tahun mendatang, yaitu dengan tim independen kedua," kata Ciabatti.

“Ini adalah sistem yang membuat kami sangat nyaman. Ini juga merupakan cara untuk mempertahankan beberapa pembalap yang kami yakini berhak berada di MotoGP."

Keinginan Ducati untuk terus menjalankan enam motor setelah musim ini bergantung pada sejumlah faktor, dengan susunan grid 2022 masih bisa berubah. Musim depan adalah yang pertama dari siklus kontrak lima tahun baru antara MotoGP, pabrikan dan tim independen.

Ducati, Yamaha, KTM dan Honda memastikan akan bertahan di MotoGP setelah 2021, sementara kesepakatan antara asosiasi tim balap jalan internasional (IRTA), yang mewakili tim satelit, dan Dorna Sports telah diperbarui.

Avintia tidak akan berada di grid setelah 2021, dengan tim mengonfirmasi keputusan untuk keluar dari MotoGP setelah kontrak berakhir pada tahun lalu.

Kedua slot grid tersebut diatur untuk masuk ke entri yang didukung Valentino Rossi, yang mendukung sisi garasi Luca Marini, dengan rookie itu menjalankan warna VR46 di Ducati-nya.

Gresini tidak akan lagi menjadi peserta pabrikan Aprilia musim depan, dan menjadi kandidat terkuat yang akan bergabung dengan Ducati.

Harapan Ducati untuk terus menurunkan enam motor juga akan bergantung pada apa yang dilakukan Suzuki dan Aprilia dalam hal operasi satelitnya masing-masing.

Kedua pabrikan saat ini hanya memiliki dua motor, tetapi keduanya telah menyatakan keinginan untuk memasok tim pelanggan mulai 2022.

Grid MotoGP saat ini terdiri dari 22 motor, dengan nomor tersebut dibatasi pada 24, yang berarti operasi satelit untuk Aprilia dan Suzuki akan menghentikan Ducati untuk terus menurunkan enam motor kecuali tim independen lain memutuskan kerjasama dengan pabrikan mereka saat ini. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp 2022,
#
motogp 2021,
#
ducati