MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Cal Crutchlow Enggan Jalani Operasi Lanjutan?

NOV 13, 2019@17:02 WIB | 210 Views

Cal Crutchlow enggan menjalani operasi lebih lanjut pada pergelangan kaki kanannya. Hal itu bisa membuatnya menjalani rehabilitasi dua tahun berturut-turut.

Pebalap asal Inggris itu membutuhkan operasi besar setelah mengalami cedera parah pada pergelangan kakinya di Phillip Island musim lalu.

Setelah absen selama tiga bulan, pebalap LCR Honda itu kembali dalam uji coba Sepang di bulan Februari dan kemudian mencetak tiga podium musim ini, tetapi rasa nyeri terus menjadi masalah karena logam yang terpasang untuk menyatukan pergelangan kakinya.

Crutchlow kemudian bertemu dengan ahli bedah yang ia yakini telah menyelamatkan kariernya, karena ia dapat membahas sakit yang sedang dialami kakinya.

"Ahli bedah saya datang ke Grand Prix (di Australia). Saya juga mengunjunginya selama seminggu di Melbourne," kata Crutchlow.

"Saya punya masalah dengan saraf di pergelangan kaki. Seperti setelah mengendarai motor di Sepang, saya tidak bisa merasakan dua jari kaki, jempol kaki saya dan jempol kaki berikutnya. Dan ada rasa sakit jika menyentuh saraf.”

"Tapi saya tidak ingin menghabiskan musim dingin dengan rehabilitasi lagi. Kami akan uji coba di Valencia dan kemudian kami uji coba di Jerez. Itu berarti saya harus menyelesaikannya pada bulan Desember, sedangkan operasi mengharuskan saya melakukan pemulihan selama tiga minggu dan kemudian tiga minggu berikutnya untuk rehabilitasi.”

"Jadi enam minggu akan membuat persiapan saya lebih sulit. Tapi apakah saya bisa mengatasi rasa sakitnya? Sekarang terasa lebih buruk ketika saya berkendara.”

"Seperti yang saya katakan, awal musim seperti bencana, kemudian pertengahan musim baik-baik saja dan selama Agustus, kembali menjadi bencana. Lalu sebulan kemudian berjalan baik dan sekarang buruk lagi.

"Tapi ini bukan operasi yang mudah karena banyaknya logam yang ada di sana, saya juga perlu ahli bedah plastik untuk melihatnya melalui mikroskop.”

"Mungkin para dokter menganggapnya mudah, tidak ada risiko besar atau semacamnya, hanya saja saya tidak bisa kehilangan waktu lebih banyak.”

"Saya ingin kembali melakukan uji coba di awal musim untuk memastikan musim berikutnya lebih positif. Mungkin rasa sakit itu bisa diakali dengan minum obat.”

Absennya Crutchlow dari uji coba Valencia dan Jerez pada November sebelumnya membuat dia tidak bisa memberikan umpan balik pada motor versi 2019 secara maksimal.

Dan menjadi satu-satunya pebalap Honda selain Marc Marquez yang mencetak podium musim ini, Crutchlow menuju ke balapan Valencia dengan menempati posisi ke-9 klasemen kejuaraan dunia.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
cal crutchlow,
#
motogp,
#
lcr honda