MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Bagi Petronas Yamaha Rossi Adalah Opsi Selain Lorenzo

FEB 18, 2020@15:30 WIB | 99 Views

Petronas Yamaha mungkin telah kehilangan Fabio Quartararo yang akan ke tim pabrik Yamaha mulai tahun 2021, tetapi tim satelit dengan cepat menemukan opsi lain seperti Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Razlan Razali, sebagai kepala tim melihat opsi tersebut sebagai hal rumit sekaligus menarik.

Rossi telah mengisyaratkan niatnya untuk pindah ke Petronas Yamaha jika ia memutuskan untuk melanjutkan balapan ke tahun 2021, setelah diberikan jaminan untuk spesifikasi pabrik M1.

“Bagi saya Petronas adalah pilihan terbaik. Situasinya sangat bagus. Mereka memiliki tim muda yang bagus sehingga mereka dapat meningkat. Mereka punya uang. Mereka serius,” kata Rossi.

Ditambah lagi dengan spekulasi yang berkembang di sekitar Jorge Lorenzo yang dapat mempertimbangkan untuk aktif kembali jika ia dapat menemukan kecepatan, kepercayaan diri, dan motivasi sebagai test-rider pabrikan Yamaha tahun ini.

Namun kedua opsi masih jauh dari kepastian sampai sekarang ini. Razali mengatakan bahwa keduanya akan tetap memiliki tempat ketika tim mulai merencanakan susunan pebalap 2021.

"Unik dan menarik pada saat yang sama," kata Razali ketika ditanya tentang penandatanganan Rossi atau Lorenzo. “Roda belum berputar untuk musim 2020 jadi kami tidak punya kepastian. Kami punya uji coba dan beberapa balapan sampai salah satu dari mereka benar-benar muncul.

“Kami belum ada di sana, jadi kami tidak akan memikirkannya sekarang tetapi itu adalah proposisi yang menarik dan ketika saatnya tiba, kami akan duduk dan berbicara."

Franco Morbidelli juga akan ditambahkan sebagai kandidat lain karena ia ingin mempertahankan posisinya di grid MotoGP dengan Petronas Yamaha, sementara tim akan menjadi pilihan yang sangat menarik.

"Tentu saja kami punya sejumlah pebalap muda dalam pandangan kami untuk 2021 dan pebalap yang berkinerja baik tahun ini pasti akan dipertimbangkan pada tahun 2021," katanya.

Kepala Petronas Yamaha itu juga melihat peningkatan pesat Quartararo sebagai pujian yang besar atas upaya timnya di MotoGP, yang baru melakukan debut di kelas utama tahun lalu. Quartararo menjalani musim yang luar biasa sepanjang 2020 dengan melampaui uji coba pra-musim di Sepang.

Tapi daripada bertumpu pada kesuksesannya, Razali mengatakan tim satelit Yamaha tetap sepenuhnya terpaku pada pencapaian target untuk 2020.

"Kami sangat bangga bahwa dia (Quartararo) telah mengamankan kariernya dengan Yamaha selama dua tahun tambahan," jelasnya. “Saya pikir itu wajar bagi pebalap dari tim satelit untuk pergi ke tim pabrik, itu adalah perkembangan alami dan kami sangat senang untuknya.

“Pada saat yang sama, untuk fokus pada tahun 2020, kami berharap dia akan melanjutkan pekerjaan baiknya dari tahun lalu dan menjadi lebih baik tahun ini.”

Tags :

#
motogp,
#
yamaha,
#
petronas,
#
valentino rossi