MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Aprilia: Motor 2020 Untuk Musim 2021 Bukanlah Ide Gila

APR 09, 2020@15:00 WIB | 112 Views

CEO Aprilia, Massimo Rivola, mengatakan ide MotoGP mengikuti jejak dan balap Formula 1 dengan mesin saat ini untuk tahun depan demi menghemat biaya bukanlah ‘ide gila’.

MotoGP musim 2020 sedang dalam penangguhan tanpa batas waktu karena pandemi virus corona, dengan enam balapan pembuka dibatalkan atau ditunda, dengan putaran selanjutnya di Mugello dan Barcelona juga mengikutinya.

Kurangnya balap telah membuat semua tim menghadapi masalah finansial, dengan pemilik MotoGP (Dorna Sports) pekan lalu mengumumkan paket bantuan keuangan senilai € 9,075 juta untuk semua tim MotoGP independen - serta KTM - dan 31 tim Moto2 dan Moto3 yang akan diberi bantuan untuk tiga bulan ke depan.

Rivola - yang sebelumnya menjabat sebagai direktur olahraga Ferrari F1 - memuji keputusan F1 untuk menunda paket aturan 2021 dalam upaya untuk mengurangi biaya di tengah iklim yang tidak pasti saat ini, dan berpikir MotoGP harus melihat langkah-langkah serupa.

Dia juga memperdebatkan ide tentang kelas MotoGP untuk kembali ke satu motor per pembalap, seperti yang terlihat di World Superbike.

"Dalam situasi hari ini, di mana kita masih tidak melihat cahaya di ujung terowongan dan dengan prediksi yang sangat kritis, hanya memikirkan kinerja akan salah," kata Rivola.

"Kami benar-benar harus memahami situasi dunia ini dan saya pikir apa yang telah dilakukan F1 adalah benar, dan oleh karena itu itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan bagi kami juga.

"Balapan tahun 2021 dengan motor 2020, saya tidak melihatnya sebagai ‘ide gila’ jika bisa menjadi apa yang memungkinkan kita untuk menurunkan biaya.

"Tetapi bisa juga ada seribu cara lain untuk melakukannya, misalnya seperti hanya memiliki satu motor untuk setiap pembalap atau mungkin melakukan lebih sedikit kilometer, mengingat bahwa biaya per kilometer motor adalah penting. Ada berbagai opsi."

Aturan teknis MotoGP akan tetap sebagian besar stabil hingga 2021, dengan seri sudah membatasi bidang pengembangan tertentu seperti elektronik, mesin selama menjalani musim untuk tim non-konsesi (Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati) dan hanya mengizinkan satu perubahan paket aero selama tahun ini untuk tim non-konsesi.

Sebagai tanggapan terhadap kalender yang terus berubah, yang dimaksudkan untuk menampilkan 20 balapan tahun ini, MotoGP juga akan melakukan pengujian lebih sedikit tahun depan. [Dhe/Asl/timBX]

Tags :

#
motor 2020,
#
motogp,
#
ceo aprilia,
#
massimo rivola,
#
jejak balap f1