MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Alex Marquez Hampir Pasti Gabung ke Repsol Honda?

NOV 19, 2019@17:14 WIB | 150 Views

Honda nyaris mengontrak Alex Marquez untuk bergabung dengan saudara kandungnya (Marc) di tim pabrikan Repsol untuk MotoGP musim depan sekaligus mengisi tempat Jorge Lorenzo yang memutuskan pensiun.

Jorge Lorenzo yang pernah menjadi juara dunia MotoGP sebanyak tiga kali, membuat pengumuman jelang Grand Prix Valencia bahwa ia akan pensiun, setelah periode buruk menggunakan motor RC213V serta terganggu oleh cedera dan masalah adaptasi dengan motor berbeda.

Spekulasi telah berkembang sejak LCR mendatangkan Johann Zarco, dan bahkan nama Cal Crutchlow disebut-sebut sebagai kandidat yang paling mungkin untuk menggantikan Lorenzo.

Namun, rumor yang cepat beredar mengatakan bahwa sang juara Moto2 Alex Marquez berada dalam posisi yang sama, meskipun sudah menyetujui perpanjangan kontrak satu tahun dengan Marc VDS di kelas menengah.

Meskipun perjanjian belum dapat dipastikan, situasi sekarang ini mengindikasikan bahwa kesepakatan itu akan segera diselesaikan.

Baik Honda dan Marquez pun secara terbuka memikirkan peluang Alex menjadi bagian dari jaringan MotoGP musim depan di tim yang didukung Repsol.

"Tentu saja, Alex adalah pilihan. Anda harus mempertimbangkannya berdasarkan kemampuannya sendiri, bukan nama belakangnya," kata manajer tim Honda, Alberto Puig.

Di sisi lain, Marc Marquez bersikeras bahwa dia tidak akan memengaruhi pilihan Honda, tetapi dia mengakui bahwa dia siap menyambut saudara kandungnya itu untuk menggunakan motor Repsol Honda yang serupa.

"Saya berbohong jika mengatakan bahwa saya tidak ingin saudara saya ada di tim ini, tetapi saya bersikeras bahwa saya tidak pernah memaksakan situasinya dan saya juga tidak akan melakukannya apapun," katanya. “Siapa pun yang menjadi rekan setim akan dibandingkan dengan saya.”

Alex rumornya akan diberikan kontrak satu tahun oleh Honda, sehingga menyesuaikan situasi siklus kontrak dari pembalap pabrikan lainnya.

Masih belum jelas apakah kesepakatan itu akan ditandatangani Alex dalam waktu dekat (ketika menjalani uji coba Valencia pasca-balapan), di mana ia pertama kali mengendarai motor RC213V pada tahun 2014 sebagai hadiah dari HRC karena memenangkan gelar Moto3 tahun itu.

Di sisi lain, Johann Zarco sekarang kabarnya bakal mendapatkan tempat di grid MotoGP musim depan, bersama tim Avintia Ducati.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
alex marquez,
#
repsol honda,
#
jorge lorenzo,
#
marc marquez,
#
johann zarco