MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Alasan Rossi Tak Mau Gunakan Motor Baru Saat Tes di Valencia

OCT 28, 2017@11:00 WIB | 369 Views

Rider Yamaha Movistar, Valentino Rossi, terkejut mendengar Yamaha mempunyai motor baru untuk persiapan MotoGP 2018. Dikabarkan motor barunya itu akan digunakan pada saat tes pada seri terakhir di Valencia, Spanyol pada bulan November 2017.

Rossi mengungkapkan ketidakyakinannya dia terhadap tunggangan barunya itu apakah sudah siap saat di tes pada akhir musim di Valencia. Motor barunya itu dihadirkan oleh tim Yamaha karena tersingkirnya Maverick Vinales dari perburuan gelar juara, maka Yamaha mengalihkan fokus sepenuhnya kepada YZR-M1 2018.

Sasis prototipe 2018 telah debut di Silverstone. Tapi mungkin berbeda dengan versi final, karena perlu disesuaikan dengan spesifikasi mesin yang direvisi, selama regulasi pembekuan pengembangan mesin musim ini. Rossi mengatakan, ada kemungkinan motor anyar ditunda, karena engineer pabrikan Jepang itu terus mengevaluasi solusi baru demi menghadapi seri Sepang dan Valencia.

“Kami tidak tahu apakah motor baru akan diuji coba di Valencia, atau apakah akan tiba pada Februari (untuk tes pertama 2018). Itu sangat tergantung pada bagaimana dua balapan ini,” ujar pria dengan julukan The Doctor. “Tentu saja, semakin cepat motor baru datang lebih baik. Tapi itu bukan masalah besar,”.

Orang Jepang memiliki begitu banyak gagasan. Ada banyak hal untuk dilakukan dan akan sangat penting untuk melihat apakah kita bisa mencetak catatan waktu bagus, serta menjadi kompetitif, bahkan pada dua balapan terakhir.

Kelemahan terbesar YZR-M1 2017 adalah kurangnya traksi belakang, yang membuat Rossi dan Vinales tidak kompetitif pada layout trek stop-start dan grip rendah, seperti Jerez dan Catalunya.

Kendati demikian, Yamaha tampil apik pada karakteristik trek hujan di Phillip Island akhir pekan lalu. Pria kelahiran Italia itu pun menambahkan, timnya perlu memahami, apakah performa pada MotoGP Australia hanya satu kali atau tanda kemajuan nyata.

“Ini (Sepang dan Valencia) merupakan dua balapan yang sangat penting bagi saya, karena kami harus memutuskan apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan motor,” paparnya. Ia menambahkan, Sepang dan Valencia adalah dua trek yang sangat banyak memakai ban belakang. Jadi, itu akan membantu untuk memahami bagaimana performa Yamaha. [ddy/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
blackauto,
#
autonews