MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: 2021, Andrea Dovizioso Pilih ‘Cuti’ Dari MotoGP?

NOV 11, 2020@08:00 WIB | 186 Views

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, akan menjalani cuti panjang pada 2021 dan tidak akan menjadi test-rider untuk tim manapun.

Masa depan Dovizioso ditempatkan dalam ketidakpastian selama akhir pekan Grand Prix Austria pada bulan Agustus ketika ia mengumumkan tidak akan memperbarui kontrak dengan Ducati untuk tahun 2021, mengakhiri kemitraan delapan tahun yang menghasilkan 14 kemenangan.

Saat itu, Dovizioso mengaku tidak punya rencana lain untuk masa depannya, sementara manajernya (Simone Battistella) mengakui bahwa cuti panjang adalah pilihan.

Baru-baru ini, beberapa media luar negeri mengungkapkan Dovizioso sedang berdiskusi dengan Yamaha tentang peran test-rider pada 2021 dan tampaknya hampir beralih ke pabrikan Jepang menggantikan Jorge Lorenzo.

Dovizioso juga berbicara dengan Honda dan KTM tentang peran pembalap tes, sementara dia tidak pernah tertarik pada opsi Aprilia meskipun ada tautan yang menyatakan dia tertarik.

Namun, kabar terakhir mengungkapkan Dovizioso kini telah membatalkan rencananya untuk menjadi test-rider dan akan mengambil cuti tahun depan.

Dovizioso akan fokus pada hasratnya pada balap motorcross dan niatnya adalah untuk tetap bugar seandainya masuk grid pada tahun 2022.

Banyak kontrak akan diperebutkan pada akhir 2021, dengan perubahan besar diharapkan terjadi di grid pada 2022 ketika kontrak antara pabrikan, tim independen dan Dorna Sports muncul untuk pembaruan. Namun, Dovizioso akan berusia 36 tahun pada 2022, membuat cuti panjang menjadi risiko.

Tapi selama tiga musim terakhir, pembalap Ducati itu menjadi penantang terdekat Marc Marquez, dan pengalamannya dengan mesin Honda, Yamaha, dan Ducati terbukti sangat berharga.

Dovizioso diperkirakan akan mengumumkan keputusannya dalam beberapa hari mendatang, dimana dia secara matematis masih memiliki peluang untuk memenangkan gelar dunia 2020, tetapi finish ke-8 Grand Prix Eropa sekaligus membuatnya terpaut 45 poin dengan hanya 50 poin maksimal untuk diperebutkan di dua putaran terakhir.

Masih belum diketahui dampak keputusan Dovizioso pada negosiasi Lorenzo dengan Yamaha tentang tetap menjadi test-rider pada 2021.

Juara dunia MotoGP tiga kali itu mengaku belum lama ini juga memiliki opsi dengan Aprilia untuk menjadi test-rider, meski prioritasnya tetap bersama Yamaha. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
pembalap ducati,
#
andrea dovizioso,
#
motogp 2020,
#
motogp 2021