MENU
icon label
image label
blacklogo

'Motocompacto', Konsep Motor Listrik Lipat Honda Dalam Pengajuan Paten

AUG 05, 2020@16:30 WIB | 348 Views

MotoCompo bakal mendapat sentuhan makeover ke dalam konsep abad 21 yang akan dipantenkan dengan nama 'Motocompacto'. Rumor berkembang bahwa Honda segera memperkenalkan Motocompacto sebagai produk motor listrik lipat mutakhir dalam waktu dekat.

Terbukti, baru-baru ini diketahui Honda sedang melakukan pengajuan paten di Kantor Paten Amerika Serikat. Tersemat kata 'Motocompacto' dalam proses pengajuan paten tersebut sebagai kategori kendaraan darat dan berjenis skuter listrik.

Terdahulu, seperti dilansir dari Visor Down, Honda memproduksi MotoCompo, skuter bertenaga bensin berukuran koper yang diluncurkan tahun 1981 dan diproduksi hingga tahun 1983. Diberi nama MotoCompo lantara motor mungil ini diterapkan mesin konvensional berkapasitas 49 cc dengan output tenaga 2,5 dk.

MotoCompo dirancang sedemikian mungil itu supaya sesuai dengan mobil-mobil kecil Honda zaman itu, seperti Honda Today and City, yang keduanya memiliki kompartemen bagasi yang bisa menampung motor lipat seukuran koper. 

MotoCompo yang dijual hanya beberapa tahun ini cukup laris di pasaran, setidaknya terjual hingga lebih 50.000 unit. Karenanya mendapatkan semacam cult status di antara petrolhead yang biasanya hanya untuk sepeda motor yang jauh lebih kuat.

Sebagaimana tren kendaraan unik dalam beberapa tahun terakhir, konsep "Motocompacto" sepertinya akan menyegarkan karena pengajuan petennya telah dilakukan sebagai produk motor listri lipat mutakhir. Konsep yang nampak sekarang akan mengalami sentuhan lebih lanjut sehingga mendapatkan hasil desain yang lebih halus dan elegan.

Tentu saja, Honda tertarik menghidupkan kembali model MotoCompo tersebut, dengan rancangan yang lebih segar serta mesin yang lebih ramah lingkungan.

Motor penerus Honda MotoCompo ini bakal menggunakan baterai yang mudah dilepas dan dipasang untuk pengisian daya yang lebih mudah pula. Tentu saja jika nanti konsepnya terlaksana sesuai desain yang ada, Honda Motocompacto dapat melaju dengan jarak sejauh 64 km, dengan waktu pengisian daya listrik bertenaga 500 watt 2 jam, dan kecepatan tertinggi 24 km/jam.

Dari gambar-gambar yang beredar, Motocompacto akan hadir dengan desain minimalis, mengombinasikan warna putih dan hitam. Kendati demikian, sebagaimana pengajuan paten apa pun, tidak ada petunjuk kapan Motocompacto ini bakal diproduksi dan diluncurkan kepasaran. [asl/timBX]

Tags :

#
motocompacto,
#
konsep motor listrik lipat,
#
motor listrik,
#
honda