MENU
icon label
image label
blacklogo

Rusia Hidupkan Lagi Merk Mobil Moskvich, Modelnya Mirip SUV China, JAC

NOV 25, 2022@16:00 WIB | 828 Views

Rusia kembali menghidupkan merk mobil Moskvich yang terakhir kali dibuat pada 21 tahun lalu. Moskvich adalah mobil buatan lokal yang diproduksi di bekas pabrik Renault, di Moskow.

FYI, Moskvich, yang memiliki arti "penduduk asli Moskow", pertama kali diproduksi di Uni Soviet dan dirancang untuk menjadi mobil penumpang yang kuat dan terjangkau dengan suku cadang buatan Rusia dan Jerman Timur kala itu. Setelah Uni Soviet runtuh, produsen mobil diprivatisasi dan kemudian dinyatakan bangkrut.

Moskvich yang sekarang berbeda dengan yang dulu, hadir dalam varian sedan dan hatchback. Mobil hatchback crossover bermesin bensin itu terlihat lebih "kekinian" dengan velg two tone, lampu depan LED yang memanjang dari sisi kanan ke kiri, dan head unit layar sentuh.

Publik banyak menyebut model Moskvich sangat identik dengan SUV dari China JAC. Tapi, kesamaan ini di kesampingkan oleh pihak pabrikan. Maxim Klyushkin, manajer proyek pabrik Moskvich menolak mengonfirmasi bahwa mereka telah bermitra dengan perusahaan China.

"Kami memiliki (pembuat truk Rusia) Kamaz sebagai mitra eksternal dan kami memiliki mitra jarak jauh yang bekerja sama dengan kami," katanya. "Kami tidak menyebut nama mitra itu."

Rencanaya, pabrikan akan memproduksi sekitar 600 mobil tahun ini, mobil baru tersebut dinilai belum akan mendongkrak penjualan mobil Rusia pada tahun ini. Secara total, pemerintah Rusia ingin memproduksi 100.000 unit Moskvich per tahun, beberapa di antaranya akan bertenaga listrik.

Moskvich produksi pertama akan keluar dari pabrik Moskow pada Desember 2022 di tengah hambatan pengiriman komponen karena konflik Rusia dengan Ukraina. Untuk itu, Rusia menargetkan dapat membangun jaringan rantau pasok komponen secara lokal untuk mengeliminasi masalah ketersediaan komponen. [wic/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
moskvich,
#
rusia,
#
moscow,
#
suv,
#
jac,
#
crossover,
#
hatchback