MENU
icon label
image label
blacklogo

Monster Swamp Camaro 73 Bertenaga 465hp ini Modifikasi Seorang Carpenter

AUG 11, 2020@13:00 WIB | 493 Views

Mata kami terperanjat pada sosok muscle car dengan warna hijau rawa yang memukau. Bak sebuah Camaro 73 yang hilang di rawa Missouri, namun akhirnya diangkat kembali dengan spirit  restorasi dan modifikasi oleh Jim Stehlin. 

Jim sendiri bergelut di dunia woodworking (mebel) setiap harinya, namun sejak merestorasi dan memodifkasi Camaro 73 adalah dunia baru diluar bilah kayu dan turunannya.

Suatu hari Jim menerima telepon dari sepupunya, ditawarkan sosok Camaro 73 yang kondisinya cenderung mengenaskan. "Saat melihat pertama kali, seperti tidak ada gunanya rebuild mobil ini. Namun, karena suku cadang yang melimpah, saya mencoba menyingkirkan kekhawatiran muscle car ini," ucap Jim dilaman autoevolution.

Sekitar 7 tahun silam proyek restomod ini dimulai, Jim mengganti bahan lantai yang sudah mulai keropos. Termasuk memasang subframe rail, rocker panel, quarter panel, upper cowl yang baru. "Selain itu saya juga mengganti T-top Camaro 1979 serta menyesuaikan dengan sistem suspens DSE," imbuhnya.

Modifikasinya dimulai tahun 2013 dengan mengganti plat yang sudah keropos, dengan lembaran plat baru, serta pengerjaan mekanik. Akhir 2013 body Camaro 73 sudah mulai kelihatan hasilnya, kecuali interior dan kap mesin yang masih terbengkalai.

Sementara hasil modifikasinya terbilang gila. Lihat lekukan panah dan ground effects bukan proyek abal-abal. Spoiler depan, air splitter mengadopsi D&Z Custom. Seluruh titik karbon dari grille, hood, diffuser dan top diberikan sentuhan karbon. Bagian kap mesin sudah diberikan peredam panas berbahan alumunium, diselesaikan di garasi Jim. 

Selain body yang detail, interiornya juga digarap sendiri oleh Jim. Mulai dari panel interior, dashboard, dan center consol dibuat khusus. Dengan panel pintu tidak dibiarkan standar ala Marquez Design, karena sistem audio juga menjadi bagian muscle car ini. Sebut saja head unit Alpine, spiker depan Hertz 6 inci, dan subwoofer Hi-Energy 10 inci, sebagai bagian kecil modifikasi audio.
Dua kursi panas, Corbeau LG1 dengan 5 titik harness RideTech memastikan bahwa gen balap menjadi finalisasi konsep. Bagian upholstery difinishing dengan kulit imitasi dan dikerjakan oleh Riggs Brothers Auto Top dan Interior.

Sektor paling dahsyat tentu saja performance. Mesin LS3 Wegner Motorsports 416ci tanpa overbore, namun penggantian crankshaft mengandalkan Callies Compstar dikombinasikan stroke 4.0 inci. Rasio kompresi naik menjadi 10,8:1.  Tenaga 465 hp pada putaran 5900 rpm, dan torsi maksimum 589 Nm  diputaran mesin 4600 rpm. Tenaga badak Camaro 73 ini dikombinasikan dengan sistem transmisi Tremec T-56 Magnum.

Sementara bagian pengereman sudah mengadopsi rotor Wilwood 12 inci dan kaliper di depan. Sementara pengereman belakang menggunkana master silinder Wilwood dengan manual booster.

Lantas pilihan ban dan velg apa yang mampu memberikan grip dan traksi yang sesuai. Pemilihan velg Forgeline DS3s 18x10,4 dan belakang 18x12,5 adalah cara moderat sekaligus modern. Sementara pilihan ban jatuh kepada BFG g-Force Rival 315/30 untuk ban depan dan 335/30 untuk pilihan belakang.[Ahs/timBX]

Tags :

#
modifikasi mobil,
#
modifikasi chevy camaro,
#
muscle car,
#
camaro 1973,
#
modifikasi 5 sektor