MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Yamaha GTS1000, Usung Gaya Ultra Futuristic

MAY 18, 2018@14:00 WIB | 1,168 Views

Sebuah motor Yamaha GTS1000 telah dimodifikasi secara ekstrim oleh builder JSK Moto, dengan mengusung tema svelte roadster seperti sebuah sikap robot tengah berjongkok. Yamaha GTS 1000 pernah tenar diawal tahun 1990-an. 

Nama modifikasi tersebut Project Rhodium Omega, yang digarap oleh JSK Moto yang berbasis di California ini membutuhkan waktu pengarapan hingga 30 bulan. Bagian yang paling menarik adalah suspensi depan yang menganut gaya teknologi pengembangan Rationally Advanced Design Development (RADD)  yang didesain oleh James Parker. 

"Abad 21 ini kami telah memperkenalkan suspensi baru dengan desain custom yang menggunakan front swingarm  yang terbilang rumit kontruksinya. Seperti halnya terjadi pada laser cut bagian ventilasi dan tangki custom serta radiator," tutur Parker.

Sistem pengereman ABS ditanggalkan guna menghemat ruang dan memperpendek jalur kabel kelistrikan. Bagian filter bensin telah menggunakan part modern, dan penggunaan accu RCE yang berkualitas tinggi. Untuk panel bodi dibangun menggunakan bahan fiberglass yang dipahat. Dan sistem stock steering  yang telah dimodif memenuhi kinerja suspensi depan. 

Tim JSK mengklaim, tema Project Rhodium Omega ini lebih ke bentuk pentagonal. "Kami tidak mempedulikan lagi tempat duduknya, air intake, dan angle penglihatan serta beberapa panel yang berbeda, karena itu mempertegas sisi pentagonalnya."  Jadi semua desainnya mendukung karakter desain ultra futuristik, namun tetap mempertahankan keringanan." 

Gaya futuristiknya didukung dengan penggunaan speedometer yang diletakkan dibelakang tuas stang dan diatas body tangki. Yang terlihat cukup rigit, adalah bagaimana tim JSK Moto membangun ventilasi dengan teknik cutting laser yang cukup sulit. Hasilnya, antara air intake, side dan front vent serta exhaust menggunakan akrapovic cukup menambahkan gaya estetika. 

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana tim JSK mengkolaborasikan teknik cetak 3D untuk bagian body-nya yang pentagonal? Anda tertipu dengan bentuknya yang ultra futusitik. Ternyata tim JSK membuatnya dengan pola molding tradisional dengan clay.  Butuh 3 bulan untuk mendapatkan bentuk yang tepat. Revisi cukup terjangkau, bayangkan bila kesalahan desain menuntut Anda mencetak ulang 3D. After molding,finishing, tim JSK Motor gunakan cetak fiberglass silicon untuk tangkinya. 

Ovel all, inilah gaya modifikasi motor di Negeri Paman Sam. Dan berikut ini part-part yang mendukung gaya modifikasi pentagonal dari JSK Moto.[Ahs/timBX]

Detail Part Modifikasi

AiM : Dash 
 
Air Runner Kustom Paint 
 
Akrapovic: Exhaust 
 
Beringer: Master Cylinder 
 
Gears Racing: Shocks 
 
Kingsman Seat: Seat cushion 
 
Liansen: Radiator 
 
Pirelli: Tires 
 
RCE: Power: Lithium Battery 
 

Tags :

#
auto news,
#
modifikasi,
#
yamaha,
#
yamaha gts1000,
#
jsk moto