MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Klasik nan Radikal BMW R80

SEP 02, 2020@19:30 WIB | 408 Views

Setiap sepeda motor custom memiliki karakter tersendiri, namun siapa sangka motor produksi BMW bisa dimodifikasi dengan sesuatu yang unik.

Yang akan dibahas adalah karya Oliver dan Dominik di Moto Essence (Gauting, sebuah kota di barat daya Munich). Mereka hanya menyebutnya 'roadster klasik', dan estetika yang tidak biasa adalah karakter karya mereka.

Pelanggan Moto Essence awalnya menginginkan tampilan yang lebih rebel, tetapi kemudian berubah pikiran sehingga menyisakan desain knalpot aslinya. Dan hal itu dipermudah karena motor yang disediakan adalah BMW R80 RT 1985.

“Kami berpikir untuk membuatnya 'dipatenkan' dan tanpa aspek modern seperti suku cadang yang dimodifikasi,” jelas Oliver. “Tetapi ini tidak akan sesuai dengan keinginan pelanggan. Dia adalah penggemar desain klasik tetapi juga menyukai hal terbaru, jadi kami memutuskan untuk menggunakan campuran komponen berteknologi tinggi modern dan klasik."

Oliver dan Dominik melepas banyak bagian motor sampai ke mur dan bautnya sebelum memulai modifikasi. Lalu mereka membangun kembali motor dengan kit 1.004 cc, dan memasang sepasang karbohidrat Dell'Orto dengan filter K&N. Sistem pembuangan, dari header hingga knalpot, dibuat khusus oleh spesialis knalpot asal Jerman Hattech.

Moto Essence juga menambahkan pengaturan pendingin oli khusus, memasang kembali motor dan membuat baterai tidak nampak.

Beralih ke roda gigi, keduanya mengenakan satu set velg Akront Morad, dan membungkusnya dengan karet Bridgestone BT45.

Jika Anda bertanya-tanya dari mana asal rem tromol depan yang menarik pandangan, ini berasal dari Laverda SFC 750, bersumber dari seorang teman yang memiliki koneksi di Laverda Club of Germany.

Spatbor aluminium nya adalah hand-made, dan bagian belakang dilengkapi selubung lampu belakang berkelas untuk kesan vintage. Sebuah braket pelat nomor yang diapit oleh sinyal belok LED kecil terdapat sampai bagian ekor.

Di bagian depan, kita akan melihat top yoke dari Sport Evolution, dengan penghitung kecepatan Motogadget juga terpasang. Kemudian juga terdapat clip-on, dengan sakelar Motogadget dan lampu sinyal bar-end dan satu cermin. Detail yang lebih kecil termasuk foot pegs yang dibuat khusus dan gas cap bergaya vintage.

Oliver pun menyebutkan bahwa motor yang dibangunnya memiliki corak merah setelah diskusi panjang dengan pelanggan, ditambah mesin yang menggabungkan torsi 1.004 cc dengan rasio penggerak primer pendek R80, motornya memiliki akselerasi luar biasa. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bmw r80,
#
modiikasi bmw r80,
#
moto essence,
#
bmw