MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi eCOPO Camaro dengan Motor Listrik Tambahan

FEB 07, 2019@14:00 WIB | 872 Views

Chevrolet pernah memperkenalkan konsep all electrictnya sebagai mobil drag, menggunakan title eCOPO Camaro, tepatnya di SEMA 2018, bulan Oktober lalu. Namun, video ini sudah melampaui, bagaimana muscle car tersebut telah menjadi menjadi mobil balap di arena drag.

Sebuah lompatan yang luar biasa, saat sebuah aksi burnout guna menghangatkan ban, melawan sebuah pick up di garis start.  Setelah lampu hijau menyala, eCOPO Camaro dengan ban depan terangkat, melakukan start dengan baik, dan mengungguli lawannya.

Ketika Chevrolet memperkenalkan eCOPO Camaro, diperkenalkan menggunakan tenaga lebih dari 700 hp, dan torsi 813 Nm. Sedangkan dalam diskripsi video tersebut, dijelaskan bahwa eCOPO Camaro sebenarnya mampu menghasilkan tenaga lebih dari 780 hp dan torsi 1057 Nm. Darimana  tenaga tambahan tersebut dihasilkan?

Sebuah motor rancangan BorgWarner HVH 250-150, ditambahkan dan terhubung ke transmisi standart COPO Camaro otomatis 3 percepatan, menghantarkan power ke gandar belakang. Hasilnya cukup membuat lompatan yang dahsyat di gigi awalnya.

Sedangkan paket baterai menghasilkan daya dari 4 modul 200 volt, yang didistribusikan ke roda, untuk mengimbangi distribusi beban secara optimal. Hasilnya, para engineer Chevrolet mampu mengelola rasio berat 44/56 dari depan ke belakang. Dan video tersebut menjelaskan bahwa potensi kekuatan yang dikeluarkan hanya sebatas 80 persen dari potensi eCOPO Camaro.

eCOPO Camaro merobek catatan waktu 10,14 detik pada kecepatan 130,85 mph atau 210 kpj. Namun hasil tersebut bukan sebuah hasil yang diharapkan, karena Chevrolet menyatakan dapat meraih catatan di 9 detik dengan mobil tersebut.

Sebagai perbandingan dengan COPO non electric, yang menggunakan mesin 302 V8 baru berbasis LT1 SS Camaro, memang telah dilengkapi dengan komponen balap drag.  Kemudian mesin V8 427 berkapasitas 7.0 liter atau pilihan mesin supercharged 350 dengan kapasitas 5,7 liter dapat memberikan akselerasi 400 m dibawah 8 detik dan kecepatan maksimum hampir 280 kpj.

Kita ketahui semua model COPO mendapatkan gearbox tiga percepatan otomatis ATI TH400 yang disetujui SFI dan dilengkapi dengan sasis racing serta komponen suspensi, termasuk sistem gardan belakang solid sebagai pengganti as roda belakang independen Camaro.  [Ahs/timBX]

Tags :

#
ecopo camaro,
#
chevrolet,
#
muscle car