MENU
icon label
image label
blacklogo

Model Y Rilis, Akankah Pasar Crossover AS Dilibas Tesla?

OCT 29, 2019@15:30 WIB | 516 Views

Meningkatnya era otomotif menuju elektrifikasi membuat para pabrikan otomotif berlomba-lomba membuat mobil listrik. Jika dikatakan, begitu menyenangkan mendengar bahwa pabrikan otomotif mayoritas setuju dengan kemajuan era elektrifikasi, plus jika tiap negara menyetujui hadirnya mobil listrik di wilayah mereka.

Tesla, salah satu pabrikan otomotif listrik AS sudah kadung lama memproduksi mobil listrik, plus juga negeri paman sam itu  sangat menyetujui yang namanya mobil listrik. Bertahun-tahun menjual mobil listrik, mulai dari Tesla Roadster di tahun 2006, Model S, Model X, dan Model 3, perusahaan sang “Iron Man” tersebut sukses menggoyahkan pasar otomotif yang biasa menjual mobil bermesin bahan bakar.

Kini, Elon Musk pun memperkenalkan Model Y, sebuah crossover listrik dengan muatan 7 penumpang di depan publik. Yang lebih mencengangkan adalah harganya yaitu US$ 39.000, untuk tipe standardnya. Memang, harga ini sedikit diatas Model 3 beberapa ribu dollar, tapi coba kita simak dahulu penjualan mobil listrik di AS.

Dilansir dari InsideEVs, hingga September 2019 Chevrolet menjual Bolt EV hingga 2.125 unit. Sedangkan untuk Nissan yang memasarkan mobil listriknya, Leaf, hanya mendapat angka 1.000 unit saja, dan BMW i3 500 unit.

Dan Model 3? Lebih dari 19.000 unit kini terjual hingga Bulan September. Bisa saja, Tesla Model Y akan menjulang tinggi penjualannya setelah penjualan resmi diadakan, mengingat harga Chevy Bolt mendekati harga standar Model Y, yaitu kisaran US$ 37.000.  Dengan harga yang sedemikian, plus fitur yang berlimpah, Tesla Model Y bisa saja “menghancurkan” pasar mobil listrik kelas Crossover.

Nah perbedaan Model 3 dengan Model Y juga tidak terlalu banyak, malah banyak miripnya ternyata BlackPals. Kalau kemiripannya bisa kalian lihat di model depan, belakang, lampu, dan panoramic roofnya. Tapi untuk perbedaannya, ada pada kabinnya. Jika model 3 hanya bisa 5 penumpang, model y bisa menampung hingga 7 penumpang. Selain itu, untuk tipe tertinggi saja, Tesla Model Y masih memiliki harga US$ 60.000, yang tentunya spesifikasinya meningkat.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
tesla,
#
model y,
#
crossover