MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Terkecil Aston Martin Yang Perlu Kamu Tahu

NOV 22, 2021@12:00 WIB | 170 Views

Aston Martin adalah salah satu produsen mobil mewah paling terkenal di Inggris dan bertanggung jawab atas kreasi cantik seperti DB11 Coupe.

Merek tersebut mulai merambah ke dunia SUV dengan Aston Martin DBX. Salah satu usahanya yang kurang terkenal adalah Cygnet, sebuah mobil berukuran kecil berdasarkan Scion iQ yang awalnya memiliki 97 tenaga kuda empat silinder tetapi akhirnya dipasangkan mesin V8.

Tapi Cygnet bukanlah mobil kecil pertama besutan Aston Martin, dan produsen mobil itu memiliki rahasia kecil lainnya yaitu Metro Frazer-Tickford, yang dilelang oleh H&H, dan dengan diproduksi hanya 26 unit, dengan harga antara $47,230 (Rp661 juta) dan $60.725 (Rp850 juta).

Hot hatch kecil yang menarik ini dipamerkan di Los Angeles Motor Show pada tahun 1982 dan dipesan dari Dutton-Forshaw Maidstone oleh Wendal 'Rick' Mc Bride. Berdasarkan Metro Austin, mobil-mobil ini dikirim ke departemen Aston Martin Tickford untuk diubah menjadi contoh ‘Frazer-Tickford’. Hanya tiga yang pernah dibangun untuk pasar Amerika.

Baca juga: James Bond Kemudikan Mobil Listrik Aston Martin Ramah Lingkungan

Eksteriornya menampilkan cat Cairngorm Brown dan full body kit yang mengesankan. Di bagian depan terdapat empat lampu kabut Marchal, dan mobil itu dihiasi dengan lencana nama enamel. Tampilan eksterior dilengkapi dengan sunroof dan velg 5 1/2J. Interiornya menampilkan jok berlapis kulit Saddle dan Cokelat dengan karpet Wilton.

Mesin kecil 1.3 liter naturally-aspirated telah di-tweak oleh Aston Martin, dan dilengkapi dengan karburator twin-choke Weber, camshaft yang lebih agresif, katup yang lebih besar dan kepala silinder yang mengalirkan gas. Sementara mobil ini memiliki 80 tenaga kuda dan dilengkapi dengan handling pack untuk meningkatkan dinamika mengemudi. Sepotong sejarah unik ini dimiliki oleh Mr. McBride hingga kematiannya pada tahun 2013, dan kemudian dimasukkan ke dalam koleksi pribadi. Mobil ini telah mengaspal kurang dari 10.000 mil sejak pertama kali.

Baca juga: Aston Martin Rayakan 20 Tahun Hadirnya V12 Vanquish

Dan mobil ini dijalankan kembali pada tahun 2015 dengan layanan penuh termasuk perbaikan rem, perbaikan roda dan ban baru, sementara kaca depan baru dipasang tiga tahun kemudian. Pada saat yang sama, interiornya diperbarui dan dilengkapi dengan sistem pembuangan baru.

Mobil tersebut dilengkapi dengan dokumen retensi untuk nomor registrasi 'FTM 1T' yang dikabarkan merupakan singkatan dari 'Frazer-Tickford Metro, 1 Tickford'.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mobil terkecil,
#
aston martin,
#
mobil,
#
mobil terkecil aston martin