MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Otonom Mulai Berkeliaran di Michigan

DEC 14, 2016@10:00 WIB | 478 Views

Berbagai produsen mobil terus melakukan pengembangan mobil tanpa awak pengemudi atau mobil otonom agar mendapatkan hasil yang sempurna ketika diluncurkan nanti. Hal ini membuat sebagian negara cukup bangga dengan kehadiran produk tersebut. Seperti Gubernur Michigan Amerika Serikat, Rick Snyner, yang telah membuat dan mendatangani empat undang undang (uu) baru. Keempat (UU) tersebut diberi sebutan 995, 996, 997, dan 998.

Beberapa perusahaan besar seperti Google, Fiat Chrysler Mobil, General Motors, Ford, dan Toyota membantu dalam pembentukan UU ini. Melalui UU tersebut, Pemerintah Michigan memberikan izin kepada produsen automotif dan perusahaan teknologi mana saja untuk secara bebas menguji kendaraan tanpa sopir (otonom) di jalan umum Michigan.

"Kami menjadi industri mobilitas, dengan teknologi yang sudah maju dengan mobil otonom kami sadar dan lebih aman. Dengan mengakui bahwa dan menyelaraskan kebijakan negara kita sebagai teknologi baru yang dikembangkan, kami berharap semua produsen mobil dapat berkompetisi untuk mendapatkan hasil yang baik," katanya seperti diberitakan Motor1.

Volvo sudah mengembangkan teknologi seperti ini dimana seseorang dapat mengendalikan mobil sendiri dan penumpang belakang dapat menyesuaikan. Selain itu, Snyner juga berpesan semua produsen mobil diperbolehkan menjual kendaraan otonom kepada konsumen, syaratnya mobil sudah menjalani pengujian dan bersertifikat.

Snyner berharap dengan adanya undang-undang yang berlaku untuk kendaraan otonom, Michigan menjadi negara yang paling terbuka terhadap mobil otonom. Sebelumnya California sudah menerapkan UU yang intinya memberi kesempatan kepada perusahaan untuk melakukan pengujian mobil otonom.

Namun, UU yang dikeluarkan Michigan selangkah lebih unggul. Pasalnya, Pemerintah Michigan juga memperbolehkan pengujian kendaraan tanpa roda kemudi, pedal, atau bahkan manusia di kabin. Michigan telah menjadi pusat untuk pengujian mobil otonom bahkan sebelum UU ini ditandatangan. [ddy/timBX]

Tags :

#
mobil otonom,
#
kendaraan otonom,
#
otonom,
#
mobil tanpa awak