MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Masa Depan Akan Andalkan Jaringan Internet

MAR 19, 2016@12:00 WIB | 575 Views

Makin majunya teknologi jaringan internet terus merambah industri otomotif. Pada era-era mendatang, sebuah kendaraan bermotor nantinya akan dapat dikontrol hanya melalui ponsel menggunakan jaringan internet.

Demikian diutarakan Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren. Ia menjelaskan jika tren mobil otonom merupakan perwujudan dari kolaborasi teknologi informasi masa depan dengan indsutri otomotif.

"Kalau kita lihat tren mobil otonom sebenarnya digerakkan oleh sisitem teknologi informasi berbasis 5G yang cikal bakalnya kita gunakan saat ini, yaitu jaringan 4G," kata dia. Sebelum mobil otonom, beberapa perangkat teknologi informasi yang sudah diaplikasikan ke indutri otomotif yakni kemampuan kontrol mobil dari ponsel.

"Misalnya BMW Seri 7 terbaru yang bisa parkir sendiri hanya lewat kuncinya. Kemudian ada beberapa produsen otomotif lain yang mulai menerapkan aplikasi pemantau kendaraan yang bisa menampilkan tentang posisi mobil, isi bahan bakar, atau lainnya. Itu juga menggunakan jaringan 4G," kata dia.

Kemudian tambah Roberto, sebuah modem wifi 4G juga kini bisa diintegrasikan ke perangkat audio mobil yang sudha banyak dilengkapi dengan jaringan wifi. "Tinggal letakkan modem di dashboard atau di laci, koneksikan dengan sistem audio, maka pemilik mobil dapat mengakses jaringan hanya melalui perangkat audio tersebut," katanya.

Contoh modem wifi yang bisa melakukan hal tersebut yakni Andromax MiFi. "Dengan alat ini  Ayah bisa mengakses GPS dari headunit mobil untuk melihat rute jalan, Ibunya bisa tetap browsing selama perjalanan, sementara Anak di jok belakang main game online. Semua bisa dilakukan bersamaan. Jadi kita buat mirip rumah berjalan," tambah Munir Syahda Pradana, Head of Network Smartfren. [Pra/timBX]

Tags :

#
mobil internet,
#
mobil masa depan