MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Listrik Terbaru Volvo Hadir di 2 Maret 2021

DEC 24, 2020@14:30 WIB | 511 Views

Volvo mengonfirmasi bahwa mobil listrik murni berikutnya akan debut pada 2 Maret sebagai bagian dari rencana untuk meluncurkan EV baru setiap tahun hingga 2025. Detailnya tidak banyak mengenai apa yang akan diungkapkan Volvo, tetapi bos pembuat mobil Hakan Samuelsson mengatakan kepada Automotive News bahwa ia akan memiliki "bodi yang lebih ramping" dibandingkan dengan Volvo XC40.

"Kami akan membuat Anda tidak tahu apa-apa sampai kami menunjukkan mobil itu, tapi saya berjanji itu akan menjadi mobil yang sangat bagus," kata Samuelsson.

Diperkirakan akan didasarkan pada platform arsitektur modular kompak (CMA) yang sama dengan Volvo XC40, EV baru bisa menjadi pengganti tidak langsung untuk palka Volvo V40 sebelumnya.

Ini menunjukkan model baru bisa menjadi lebih gagah dari XC40, yang tidak akan menjadi adalah versi produksi dari Volvo Concept 40.2, karena kendaraan itu telah direplikasi sebagai Polestar 2 oleh merek premium mandiri perusahaan Swedia. Volvo telah menyatakan akan menjadi pembuat mobil khusus EV pada tahun 2030, tentu biayanya tidak murah.

Tidak banyak lagi yang diketahui saat ini, tetapi setidaknya kita mengetahui fakta bahwa mobil bertenaga baterai baru ini akan berbasis pada Compact Module Architecture (CMA). Compact Modular Architecture adalah platform mobil unibody global ukuran sedang, yang dikembangkan oleh Volvo dan Geely di bawah bendera China Euro Vehicle Technology AB R&D.

Pengembangan dimulai pada 2013 dengan tujuan menghasilkan platform kendaraan yang sangat fleksibel, dalam platform ini, setiap jarak antara pusat roda depan dan kotak pedal dibuat tetap, sedangkan yang lainnya dapat dikonfigurasi sesuai dengan desain kendaraan yang yang akan diproduksi.

Platform ini memulai debutnya pada September 2017 dengan merilis Volvo XC40. Konfigurasi platform CMA di XC40 menampilkan mesin baru 1.5 liter tiga silinder dengan variasi turbocharger dan naturally aspirated. Platform ini juga akan mengakomodasi konfigurasi hybrid plug-in yang mampu mencapai 180 bhp ditambah dengan motor listrik 74 bhp.

Ketika ditanya apakah EV baru akan menggantikan V40 yang dihentikan, dia berkata, mereka akan fokus pada segmen pasar yang lebih tinggi, mereka akan menghasilkan sesuatu yang premium.

Pada tahun 2016, ketika Volvo pertama kali mengumumkan rencana EV-nya, Volvo menunjukan konsep mobil masa depannya dengan konsep 40.1 dan 40.2. Dalam wawancara sebelumnya, Samuelsson menyatakan dia ingin Volvo menjadi produsen mobil khusus EV pada tahun 2030. [mar/asl/timBX]

Tags :

#
mobil listrik terbaru volvo,
#
mobil listrik terbaru,
#
volvo,
#
mobil listrik