MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Listrik Pertama yang Didukung Huawei Debut Minggu Ini

APR 09, 2021@12:00 WIB | 375 Views

Satu per satu raksasa perusahaan teknologi satu per satu lebih tertarik memasuki industri otomotif. Mula-mula Apple dengan rencana Apple Car-nya santer diberitakan dan dibahas dalam beberapa waktu belakangan ini.

Menyusul Apple, Xiaomi bahkan telah mengonfirmasi akan menginvestasikan dana hingga $ 10 miliar (setara Rp 145,3 triliun) untuk sebuah produksi EV. Baru-baru ini Huawei pun nampaknya sudah bersiap mengambil langkah pertama dalam bisnis otomotif.

Raksasa perusahaan teknologi China ini bakal mengungkap EV pertamanya yang dibangun atas kemitraan dengan BAIC segera dalam minggu ini. Walaupun, pada titik ini, Huawei nampaknya hanya bertanggung jawab dari segi perangkat lunak dalam proyek produksi EV tersebut.

Kemajuan teknologi mendorong hadirnya mobil listrik bukan sekadar peralihan dari mobil konvensional ke mobil listrik semata, namun lebih dari pada itu. Kini dan di masa mendatang, mobil listrik kelas atas akan dilengkapi persenjataan berteknologi Huawei, termasuk sensor Lidar, 12 kamera, 13 radar ultrasonik, dan chip khusus yang dibangun Huawei yang mampu mencapai 352 Tops (Tera Operations Per Second).

Mobil listrik dari proyek perdana ini bakal menjadi mobil otonom Level 3, dan Huawei jelas akan mengintegrasikan smartphone-nya ke dalam keseluruhan pengalaman berkendara dengan akses ke beberapa produknya, termasuk solusi navigasi dan layanan cloud. Mobil ini akan dinamai ARCFOX αS HBT dan diharapkan dapat debut tahun depan.

Dibanding Huawei yang lebih fokus pada sisi teknologi EV, Apple ingin membangun mobil listrik dari nol. Itulah alasan mengapa perusahaan tergoda untuk bekerja sama dengan Foxconn, mitra lama iPhone-nya yang sudah membangun produk andalannya.

Foxconn sendiri bakal membuat Mobil Apple sesuai dengan spesifikasi dan persyaratan Apple dengan pendekatan yang mirip dengan yang digunakan untuk iPhone saat ini.

Di lain sisi, Apple bekerja sama dengan Foxconn untuk pembuatan Apple Car terjadi setelah perusahaan gagal menemukan pembuat mobil tradisional untuk proyek tersebut. Apple juga telah terlibat dalam pembicaraan dengan Hyundai, Nissan, dan lainnya. Walaupun sejauh ini, tidak ada perusahaan yang ingin berperan sebagai produsen kontrak untuk perusahaan teknologi tersebut. [asl/timBX]

Tags :

#
mobil listrik pertama huawei,
#
mobil listrik,
#
mobil listrik huawei