MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Listrik Akan Diwajibkan Mempunyai Suara Mesin

SEP 19, 2019@10:10 WIB | 92 Views

Mobil listrik yang tenang tanpa suara mesin menggerung memang hal bagus, tetapi ternyata itu justru juga menjadi sebuah risiko keamanan. Misalnya, Anda bisa menabrak pejalan kaki dengan mobil listrik dan mereka tidak akan dapat menyadari kedatangan Anda sebelumnya karena tiada suara yang didengarnya. Tentu saja, ini belum sering terjadi, tetapi itu adalah kemungkinan masalah yang bisa menjadi besar dan memakan korban jika tidak segera ditangani.

Tidak peduli apakah itu tentang pejalan kaki, pengendara sepeda, atau sesama pengemudi yang memiliki gangguan penglihatan - mobil listrik perlu membuat semacam suara untuk memberi tahu orang lain tentang kehadiran mereka.

Jadi, dengan memikirkan hal itu, badan keselamatan jalan Amerika Serikat (seperti yang dilaporkan BBC) mengatakan bahwa pemilik mobil listrik harus dapat memilih suara 'mesin' untuk mobil listrik mereka yang tenang. Laporan itu juga menyatakan bahwa mobil-mobil yang hening harus menghasilkan semacam suara atau kebisingan ketika bepergian di bawah 19 Mph.

Ini juga menambah kemungkinan memiliki mobil listrik yang memiliki suara minimal langsung dari pabrik dalam waktu dekat, yang mungkin merupakan solusi terbaik dan paling tepat. Karena jika dibebaskan ke masing-masing pengguna, akan muncul variasi suara tidak terhingga dan kemungkinan beberapa bahkan bakal terlalu keras atau bising.

Sementara pabrikan bekerja untuk membuat mesin hening mereka sedikit bising, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika (NHTSA) mencari umpan balik dari publik tentang segala yang mungkin untuk memberikan apa yang diinginkan pemilik mobil maupun  pejalan kaki. NHTSA terutama menanyakan kepada publik tentang kemungkinan suara yang dapat dibuat oleh mobil dan seberapa kerasnya (atau seharusnya).

Sebelumnya memang pihak pabrikan sudah diberi tenggat waktu untuk persyaratan kebisingan hingga 1 September 2019. Sekarang, itu diperpanjang hingga 2020. Bagusnya, beberapa pembuat mobil telah melangkah untuk melakukan perubahan. Porsche menawarkan peningkatan untuk membuat suara mesin seperti mobil mesin bensin dengan biaya tambahan 500 dolar AS. Di sisi lain, Mitsubishi dan Mercedes sudah memiliki opsi di mobil listriknya untuk membuat suara mesin.

Apa yang Anda pikirkan tentang ini? Apakah Anda setuju pada kenyataan bahwa mobil listrik harus menghasilkan beberapa suara untuk masalah keamanan?

[Ard/tim BX]

Tags :

#
electric cars,
#
road safety,
#
electric car engine