MENU
icon label
image label
blacklogo

HOMIN, Mini Cooper Type S Ini Menggendong Mesin Honda V6, Tenaganya 500whp

JUN 17, 2020@18:33 WIB | 415 Views

Gildred Racing mencoba membangun Mini Cooper besutan 1974 untuk menjadi mobil yang diperhitungkan bukan keanggunan dimensi mini, melainkan performance sekaligus. Mini Cooper atau biasa disebut sebagai  Mini Morris   dikenal dengan sejumlah kelebihan seperti bobot yang ringan, dimensi kecil, dan performa handling seringan go-kart. Namun, bengkel Gildred Racing yang berbasis di California, mencoba mengalihkan perhatian di bawah kap mesin. 

Terlanjur tenar berkat building Mini Coopers, Gildred Racing menangani restorasi sederhana hingga kelas Super Cooper Type S. Tambahan bodi tidak terlihat kecuali fender flared, dengan roda tetap 13 inci, menggunakan velg Minilite. Sementara estetika Mini dipertahankan seperti gaya original Mini yang diluncurkan di Austin.

Terlahir dengan set up mesin di depan, Gildred Racing mengkonversi mesin dibelakang, mengunakan mesin Honda V6 3,5 liter, dikawinkan dengan Rotrex Supercharger untuk menggelontorkan tenaga hingga 500whp dan torsi 519 Nm dan bobot kosong 900 kg. Bila dikonversi  secara power to weight ratio, Super Mini Coooper Type S ini lebih ringan dari rasio Bugatti Veyron. Meski tenaga lebih kecil, rasio 0,5 bikin melesat cepat di lintasan karena ringan.

Tenaga yang begitu besar didistribusikan melalui gearbox 6 percepatan manual, limited slip differential dan ban lebar Toyo R888. Klaim akselerasinya dibawah 4 detik untuk 0-100 kpj. Sayang belum ditentukan berapa kecepatan tertingginya, dengan ukuran wheelbase yang pendek. Begitu juga depan fast lap times juga tidak akan diukur secara rigid.

Dengan performance mesin melimpah, penggunaan suspensi QA1 yang dapat diadjustable. Disamping itu, sistem pengereman sudah diupdate, dan sasis diperkuat untuk menambahkan torsi lebih rigid. Mesin V6 dipasang cukup rapi di kursi belakang, jika dibuka BlackPals bakal nemuin  sentuhan modern didalamnya. 

Tak hanya look yang sporty, sektor interior dipenuhi dengan pilihan yang menarik seperti Recaro Racing Seats,  dengan headliner berbahan suede, serta center console yang sudah dicustom dan indikator tachometer yang fungsional. Ditambah dengan power window dan tombol start button sebagai standar. 

Sektor entertaiment dipasang barang premium, dengan head unit Alphine dikombinasikan 7 speaker ke kabin, lengkap dengan subwoofer, amplifer dan layar 9 inci. Bahkan fungsional AC di dashboard depan mempertimbangkan distribusi berat, agar tidak condong ke belakang.

Harga yang ditawarkan mulai dari USD45 ribu untuk Mini biasa, sementara untuk Type S harga yang ditawarkan mencapai USD150 ribu. Itu sama saja hampir 3 kali harga C8 Chevrolet Corvette yang diangka USD60 ribu.[Ahs/timBX] 

Gildred Racing Super Cooper Type S
Engine    V6, 3.5-litre, supercharged
Power    500whp
Torque    383lb ft
Weight    c900kg
Power-to-weight    c567bhp/ton
0-62mph    
Top Speed    TBC
Basic price    $150,000 (approx. £120,000)

Tags :

#
mini cooper,
#
mini cooper type s,
#
modifikasi swap,
#
gildred racing,
#
homin