MENU
icon label
image label
blacklogo

Militer AS Pun Ikutan Pakai Kendaraan Listrik

APR 28, 2020@08:00 WIB | 94 Views

Angkatan Darat AS tampaknya akan beralih ke era listrik untuk kendaraan militernya yang tergabung dalam Joint Light Tactical Vehicle, pengganti Humvee. Alasan dari penggantian ini adalah kesadaran dari  Angkatan Darat AS, lantaran era kendaraan listrik semakin memaksa kendaraan mesin tergerus zaman.

JLTV, kendaraan 4x4 lapis baja yang dirancang untuk menawarkan peningkatan perlindungan awak dari Humvee yang lebih tua. Angkatan Darat AS berencana untuk membeli tiga varian: varian flatbed untuk keperluan umum, varian pembawa senjata berat, dan varian pembawa senjata tempur jarak dekat. JLTV yang berukuran besar dan dilengkapi dengan mesin diesel turbo Banks 866T, yang didasarkan pada diesel Duramax 6.6-liter V-8. 

Dilansir dari military, semakin tingginya biaya perawatan kendaraan pembakaran internal dan harga bahan bakar, mendorong militer paman sam ini memborong sekitar 49.000 JLTV, untuk digunakan selama 20 tahun.

Selain itu, tingginya angka konflik di daratan timur tengah juga membuat militer Negara adidaya tersebut was-was. Pasalnya, logistic berupa bahan bakar, suku cadang diangkut dari daratan sehingga rentan diserang musuh. Jika menggunakan kendaraan listrik, tentunya mengisi daya bisa menggunakan panel surya atau reaktor nuklir portable AS. Dikemudian hari, Amerika Serikat akan menjadi Negara swasembada energi.

Kendaraan listrik juga tidak menimbulkan suara, dan efektif jika digunakan sebagai kendaraan taktis di malam hari agar tidak membangunkan musuh dan tanpa terdeteksi.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
angkatan darat as,
#
kendaraan listrik,
#
mobil listrik