MENU
icon label
image label
blacklogo

Miata MX-5 SmallBlock, Sempat Wheelie Saat Balap Drag 402 Meter 9,71 detik

AUG 25, 2020@08:00 WIB | 342 Views

Kepopuleran Mazda Miata MX-5 mungkin tidak seredup peredaran roadster ini di Indonesia yang tergolong rangka. Di Amerika Serikat, Mazda Miata dimodifikasi menjadi mobil drag yang cukup serius. Menggendong mesin Ford Smalblock V8 ini menjadi sejarah baru, kepopuleran Miata MX-5 di negeri dengan kultur otomotif tersebut.

Mungkin pemilik Miata mengeluh ketika power mesin cukup terbatas, dan kubikasi mesin yang kecil. Jadi jangan berharap MX-5 bisa berjaya di lintasan drag Texas, kecuali sudah mengalami modifikasi khusus dengan komponen khusus drag. Modifikasi ini mengesampingkan mesin Porsche atau Subaru yang sudah terlampau lazim di daratan eropa atau Jepang sebagai tuan rumahnya.

Tony Thompson, sang owner mengawinkan mesin Ford Smallblock 302. Selain itu bukan hanya V8 dan 5 liter, karena modifikasi terlihat menggunakan stroker kit dan head Cleveland dibawahnya. Sektor kaki-kaki tidak lagi menggunakan suspensi bawaan yang jebol. Digantikan dengan shock QA1, ladder bars dan gandar belakang Ford 9 inci milik Ford Mustang.  Bagian ban belakang munggunakan ban slick, dengan ukuran 28x10,5 inci yang mengilhami gaya drag.

Kombinasi mesin, axle, suspensi membuat Mazda milik Tony tahun 2008 ini mampu melepaskan rekor tercepat 402 meter, 9,71 detik dengan kecepatan 233 kpj.  Salah satu event yang diikuti adalah Street Car Takeover Indy, mengalahkan SN95 Mustang Cobra Jet dengan tahun lebih tua. Siapapun bisa menurunkan Lamborghini untuk drag, dengan dual turbo sekaligus yang dikembangkan Hennessey Performance, dengan catatan waktu 9,8 detik pada pengujian jarak 1/4 mile.[Ahs/timBX] 

Tags :

#
mazda miata,
#
modifikasi mobil,
#
modifikasi drag,
#
ford v8 smallblock