MENU
icon label
image label
blacklogo

Mercedes Tidak Jadi Mengajukan Banding Atas Hasil GP Abu Dhabi

DEC 17, 2021@12:15 WIB | 198 Views

Mercedes telah memutuskan untuk tidak mengajukan banding terhadap keputusan stewarding yang secara efektif membuat Lewis Hamilton kehilangan gelar kedelapannya di Abu Dhabi akhir pekan lalu, sehingga mengukuhkan Max Verstappen dari Red Bull sebagai juara dunia F1 untuk 2021.

Gelaran F1 2021 berakhir dengan kontroversi di sirkuit Yas Marina saat mobil keselamatan yang terlambat datang ke lapangan. Tidak ada yang aneh tentang itu, kecuali direktur balapan, Michael Masi, yang kemudian membuat dua keputusan yang tampaknya tidak sesuai dengan buku peraturan; pertama hanya mengizinkan backmarker antara Hamilton dan Verstappen untuk melepaskan diri, dan kemudian menandai balapan satu putaran lebih awal dari biasanya.

Ini memberi Verstappen satu lap terakhir untuk merebut gelar juara dari Hamilton, dan dengan ban yang sudah tidak baik, pembalap Inggris itu tidak memiliki peluang melawan ban baru pembalap Belanda itu.

Mercedes memprotes hasil balap atas keputusan Michael Masi segera setelah bendera kotak-kotak, dan ketika ditolak, Mercedes mengumumkan niatnya untuk mengajukan banding lebih lanjut. Tapi tadi malam FIA mengakui bahwa hal-hal yang terjadi telah ‘menodai citra Kejuaraan’, dan setelah mengakui kesalahan, Mercedes kini mundur.

"Kami meninggalkan Abu Dhabi dalam ketidakpercayaan atas apa yang baru saja kami saksikan," kata tim Mercedes dalam surat terbuka yang diposting di media sosial pagi ini. “Tentu saja, itu adalah bagian dari permainan untuk kalah dalam balapan, tetapi itu adalah sesuatu yang berbeda ketika Anda kehilangan kepercayaan pada balapan.

“Bersama dengan Lewis, kami telah berdiskusi dengan hati-hati tentang bagaimana menanggapi peristiwa di akhir musim Formula 1. Kami selalu dipandu oleh kecintaan kami pada olahraga ini dan kami percaya bahwa setiap kompetisi harus dimenangkan berdasarkan prestasi. Dalam balapan pada hari Minggu banyak yang merasa, termasuk kami, bahwa balapan tidak berjalan sebagaimana mestinya”, lanjut tim Mercedes.

“Kami memohon untuk kepentingan keadilan olahraga, dan sejak itu kami telah melakukan dialog konstruktif dengan FIA dan Formula 1 untuk menciptakan kejelasan di masa depan”, jelas tim Mercedes. Kemudia tim Mercedes menambahkan “Kami akan meminta pertanggungjawaban FIA atas proses ini dan dengan ini kami mencabut banding kami”.

Pernyataan itu melanjutkan untuk memberi selamat kepada Verstappen dan Red Bull atas pencapaian mereka tahun ini, dan mengatakan: “Kami berharap dapat membawa Anda bertarung di trek musim depan.” [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mercedes benz,
#
formula 1,
#
f1,
#
f1 abu dhabi