MENU
icon label
image label
blacklogo

Mercedes Robo-Taxi Bisa Hadir Tak Lama Lagi

FEB 10, 2018@14:00 WIB | 241 Views

Taksi masa depan bisa menjadi taksi mewah saat Daimler dan Bosch bersiap untuk meluncurkan "robo-taxis" pertama mereka.

Mengutip sebuah wawancara dengan Automobilwoche, CEO Bosch, Volkmar Denner mengatakan, "Akan ada kendaraan uji di jalanan dalam beberapa bulan mendatang." Sedikit yang diketahui tentang kendaraan tersebut namun laporan Reuters, pimpinan Daimler Wilko Stark mengatakan "Perbedaan besar dibanding pesaing lainnya adalah bahwa kita adalah mengkonseptualisasikan kendaraan kami sebagai hak paten terhadap robo-taxi sejak awal dan bukan sebagai kit teknologi yang terpasang pada kendaraan massal. "

Ini menunjukkan bahwa taksi robo akan menjadi model yang dibangun dari nol daripada dibangun di atas basis produk yang sudah ada. Waymo mengembangkan taksi otonom mereka di atas basis Chrysler Pacifica Hybrid namun Stark menyarankan penggunaan model yang ada adalah "solusi sementara" dan sesuatu yang tidak akan dilakukan Daimler.

Sementara sedikit yang diketahui tentang taksi, bos riset dan pengembangan Mercedes, Ola Källenius, sebelumnya menyarankan agar taksi bisa dilengkapi dengan kamera, sensor radar serta sistem kemudi dan pengereman yang berkelanjutan. Peralatan tambahan akan menaikkan biaya dan Källenius menyatakan bahwa teknologinya akan "sangat mahal harganya" dan mungkin harganya "puluhan ribu dolar."

Karena biayanya tinggi, Mercedes yakin teknologi ini cukup masuk akal karena taksi dengan jumlah armada secara banyak bisa mengimbangi harga dengan tidak harus membayar gaji supir.

Tentu saja, perusahaan ini juga berupaya mengembangkan model lain dalam jajarannya dengan teknologi penggerak otonom. Sistem Level 3 diharapkan bisa debut di S-Class pada tahun 2020 dan Mercedes memiliki rencana untuk sistem Level 4 dan 5 di hadirkan setelahnya. [bil/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
mercedes,
#
robo-taxi