MENU
icon label
image label
blacklogo

Mercedes 300SL Bermesin 6 Liter V8 Bekas Sultan Brunei Siap Pindah Tangan

JAN 04, 2019@19:00 WIB | 2,747 Views

Untuk membuktikan bahwa Mercedes Benz 300SL AMG memang sebagai mobil langka dan hanya kalangan tertentu saja yang memilikinya.  Itu memang terbukti bahwa Mercedes 300SL hanya tersebar 11 unit di dunia dari kurun produksi 1996 hingga 2009. Dan satu diantaranya sedang dipersiapkan untuk dijual. Sebuah situs Best Heritage Auction salah satunya yang menjual varian Mercedes 300SL dengan posisi stir kanan, mirip dengan salah satu owner di Jepang.

Ceritanya, ini merupakan unit yang dimiliki Sultan Brunei. Sultan pernah menugaskan pihak AMG untuk mengirim model original 300SL tipe gullwing coupe dan roadster. Kemudian bagian interiornya dimodifikasi  sesuai sentuhan modern.

Kisah itu terdengar cukup dramastis.  Ketika spesifikasi yang sama dipesan sebanyak sembilan, dengan catatan empat unit diantaranya berasal dari sesama anggota keluarga kerajaan Brunei.  Coba tebak berapa harga yang ditawarkan oleh AMG. Harga saat itu mencapai 1 juta euro, atau $ 1,1 juta pada nilai tukar saat ini, jika dikurskan ke mata uang rupiah mencapai Rp15,6 miliar.

Seberapa banyak, modifikasi yang telah dituangkan pada mobil 300 SL ini. Terlihat pada body dan underlying structure yang disimpan dengan baik dan hampir semuanya diganti atau ditingkatkan. Termasuk dibagian bawah kap,  mesin inline-6  berkapasitas ​​3.0-liter original, kemudian di swap dengan mesin berkapasitas 6.0-liter V-8 yang menghasilkan daya 380 tenaga kuda dan torsi 578 Nm.

Sisi gearbox, dilengkapi dengan transmisi 4-speed otomatis juga diganti transmisi manual. Sementara gauge 300SL original dan control asli disimpan, diadaptasi menggunakan tachometer elektronik. Sebagian interiornya telah dilapisi serat karbon menggantikan desain original metal. Pemilik lain memilih desain kayu Jaguar-esque.

Pada sasis juga mengalami modifikasi besar, dengan suspensi belakang lengan ayun asli 300SL yang dibuat untuk pengaturan 5 link modern, digantikan dengan shock Bilstein dan AMG light alloys. Mengadopsi fitur power steering dan rem cakram modern mobil mewah ini, ditambahkan kursi sport Recaro, streering wheel sport, dan pemutar CD Sony.

Siapa pun calon pemilik Mercedes 300SL ini segeralah mempersiapkan dana segar diatas Rp15 miliar untuk mengeluarkan mobil panggung lelang. Lelang dijadwalkan pada 11 Januari di Tokyo Auto Salon 2019 dan perkiraan harga jual antara $ 1,2 juta dan $ 1,5 juta.[Ahs/timBX]

Tags :

#
mercedes,
#
mercedes 300sl,
#
300sl coupe,
#
300sl roadster,
#
mercedes 300sl amg