MENU
icon label
image label
blacklogo

McLaren Senna Jadi Bintang Seremonial Pabrik Barunya

JAN 22, 2018@17:00 WIB | 158 Views

McLaren telah punya pabrik baru. Adanya di Yorkshire, Inggris, perbatasan antara Sheffield dan Rotherham, dan di situlah sasis bak karbon supercar mereka dibuat. Alih-alih memotong pita dan menyajikan beberapa kue untuk membukanya, McLaren malah menggunakannya sebagai alasan untuk menunjukkan supercar Senna berdaya 789 hp yang baru untuk beraksi.

Ada material karbon di setiap mobil McLaren baru – ada mobil sport yang menggunakan MonoCell, lalu supercar dan hypercar menggunakan MonoCage yang lebih kaku - dan sampai sekarang ini telah dibuat di Eropa dan dikirim ke Woking. Saat nanti pabrik Yorkshire berdiri dan beroperasi, mereka semua akan dibuat di utara Inggris, meningkatkan kandungan bahan baku asli Inggris buat McLaren baru dari 50 hingga 58 persen.

Fasilitas ini disebut McLaren Composites Technology Center - MCTC untuk jangka pendek, dan bersinergi dengan pabrik di Woking, MTC. McLaren akan membukanya pada bulan April, dan mulai membuat sasis bak karbon pada tahun 2019, dengan mempekerjakan 200 orang insinyur di sana.

McLaren menginvestasikan USD 69 juta di pabrik tersebut, dan ini adalah bagian dari rencana besar perusahaan antara sekarang dan tahun 2022 yang akan menghasilkan total investasi USD 1,4 miliar dalam penelitian dan pengembangan dan meracik 12 model supercar baru lainnya. Ya, 12.

Sementara tidak ada mobil yang keluar dari jalur produksi Yorkshire, namun digantikan salah satu komponen terpenting mereka. Dan itu bukan hanya tentang menaikkan berapa banyak McLaren yang terjual, tetapi setiap McLaren yang dirakit dipastikan semua komponen buatan Inggris.

 "Mengambil kendali atas pembuatan sasis bak karbon memungkinkan kita lebih banyak fleksibilitas desain," kata direktur proyek MCTC, Ken Smart. "Kita bisa terus belajar dari proses pengembangan. Mengerjakannya secara in-house akan mempercepat pengembangan dan desain."

Itu akan menjadikan sasis bak karbon yang rumit bisa lebih beragam dan bisa menjadi produk sampingan yang bagus dari proyek ini. McLaren saat ini terlibat dengan The University of Sheffield, membuat prototipe sasis bak baru dan berikut pembuatannya.

Hal ini juga bisa membangkitkan produktivitas suatu daerah yang pernah berkembang pesat di sektor industri berat. Pabrik tersebut berada di lokasi bekas tambang batu bara, yang menudkung pernyataan Smart untuk menyimpulkan bahwa McLaren memimpin soal "era karbon" di kawasan ini.

Jadi, ini tempat yang tepat untuk memberi kita gambaran bagus tentang bagaimana Senna - yang memiliki banyak sekali karbon – berdansa (dan bersuara) saat melahap lantai pabrik baru yang mengkilap itu. [bil/timBX]

Tags :

#
mclaren senna,
#
mclaren,
#
blackauto,
#
autonews,
#
supercar,
#
hypercar,
#
sportcar