MENU
icon label
image label
blacklogo

Mazda Rayakan 30 Tahun Kemenangan Bersejarah di Le Mans

JUN 25, 2021@15:00 WIB | 180 Views

Ketika seseorang menyebut kata 'motorsport' nama-nama seperti Ferrari dan Porsche cenderung muncul di benak, dan belum tentu Mazda. Tentu, merek tersebut membangun salah satu mobil sport paling dicintai sepanjang masa, Mazda MX-5, dan daftarnya termasuk legenda seperti RX-7 bermesin rotary, tetapi Mazda dipandang sebagai merek yang lebih ramah keluarga. Namun hanya sedikit yang tahu bahwa Mazda menikmati karir balap yang panjang dan sukses di Kejuaraan Ketahanan Dunia (World Endurance Championship) yang terkenal di dunia, khususnya di Le Mans 24 Jam, yang berpuncak pada kemenangan Mazda pada tahun 1991. Untuk merayakan peristiwa penting ini, Mazda telah meluncurkan situs web khusus untuk memperingati tonggak sejarah dan berbagi detail teknis dari mobil luar biasa yang memenangkan perlombaan tersebut.

Mazda 787B. yang menjadi legendaris mobil Jepang pertama yang memenangkan balapan Le Mans 24 Jam, yang merupakan masalah besar tidak hanya untuk merek, tetapi juga untuk bangsa secara keseluruhan, dan merayakan dedikasi Mazda pada teknologi rotary. “Tahun lalu, Mazda merayakan hari jadinya yang ke-100, dan sejak didirikan, kami tanpa henti menghadapi tantangan baru. Komersialisasi mesin rotary kami dan kemenangan berikutnya dari acara puncak dalam balap ketahanan, 24 Hours of Le Mans, memanfaatkan teknologi itu. adalah simbol dari komitmen kami untuk menemukan solusi yang cerdik," kata Masahiro Moro, chief communication officer, Mazda Corporate.

787B adalah karya seni sejati dan menggunakan mesin empat-rotor yang disedot secara alami dengan injeksi yang dikontrol secara elektronik, sistem air intake variabel linier, three-plug ignition dan ceramic apex untuk menghasilkan 700 tenaga kuda yang serius. Tenaga dikirim ke rear wheels melalui transmisi lima kecepatan Mazda/Porsche. Mobil itu sendiri memiliki berat di bawah 1.900 pon (862 kg) dan bodinya dibuat dari bahan komposit karbon. Mobil itu menggunakan suspensi Bilstein dan velg Rays 18 inci. Cakram rem karbon dan kaliper Brembo menghilangkan kecepatan dengan efisiensi luar biasa. Penggemar Mazda dapat mengunjungi situs web di Mazda.com/innovation/lemans30th dan menikmati kejayaan 787B, sambil menunggu merek tersebut meluncurkan produksi baru dalam waktu dekat. [ibd/timBX]

Tags :

#
mazda,
#
30 tahun mazda,
#
le mans,
#
mazda mx-5