MENU
icon label
image label
blacklogo

Marc Marquez Puji Peningkatan Motor Honda di MotoGP

MAY 22, 2019@15:00 WIB | 995 Views

Marc Marquez mengatakan motor Honda 2019 memungkinkan dia menjadi lebih fleksibel daripada versi musim lalu, karena dia sekarang dapat menggunakan "dua atau tiga gaya berkendara yang berbeda".

Sementara Jorge Lorenzo (sesama pembalap Honda) dan Cal Crutchlow telah mengalami kesulitan dengan spesifikasi 2019, yang digambarkan Crutchlow sebagai "tidak seperti" pendahulunya, Marquez justru mendapatkan manfaat lebih besar.

Pembalap asal Spanyol itu telah mendominasi tiga balapan dari lima balapan pertama yang menjadikannya sebagai favorit untuk mengklaim mahkota juara kelas utama keempat berturut-turut.

Berbicara setelah balapan terakhir di Jerez, di mana ia menggunakan ban depan soft yang cenderung diabaikan oleh Honda, Marquez menjelaskan bahwa ia merasa sekarang memiliki lebih banyak strategi yang dapat digunakan.

“Biasanya ketika kondisi dingi, kami memiliki kesultian. Ini pertama kalinya kami balapan dengan ban soft di bagian depan, tetapi musim ini kami dapat mengendarai dengan dua-tiga cara yang berbeda,” jelasnya.

“Saya dapat menemukan waktu putaran dengan cara yang berbeda dari musim lalu dan ini adalah yang paling penting, dan kemudian saya dapat menggunakan ban yang berbeda dan gaya berkendara yang berbeda.”

Marquez mengaitkan ini dengan keuntungan yang diperoleh Honda dalam hal kekuatan mesin sejauh musim ini, dengan mengatakan ini memungkinkan dia untuk meniru cara Lorenzo dan Andrea Dovizioso mengendarai Ducati 2019.

“Masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, tetapi saya katakan bahwa saya dapat menggunakan dua atau tiga gaya berkendara yang berbeda, itu karena saya memiliki lebih banyak keuntungan pada mesin. Dan ketika Anda memiliki lebih banyak mesin, maka saya mengerti cara berkendara Dovi dan Jorge musim lalu.

“Anda dapat mencoba untuk mengelola dengan cara yang berbeda, saya bisa mencoba seperti musim lalu tetapi bisa juga dengan cara yang berbeda, dan ini memberi saya kepercayaan diri untuk menjadi begitu konstan sekaligus menjadi perbedaan utama.”

Pembalap LCR Honda, Crutchlow, mengklaim bahwa keuntungan mesin off-season Honda mungkin telah mengorbankan stabilitas front-end, sehingga mengurangi keunggulan RC213V dalam hal pengereman. Namun bagi Marquez, ini merupakan trade-off yang bermanfaat.

“Motornya berjalan lebih baik. Musim lalu kami hanya mencoba menemukan waktu yang tepat di titik rem, musim ini mungkin kami kehilangan kekuatan rem, tetapi kami mendapat di hal lebih besar di sisi lain.

“Dan inilah caranya, karena titik rem berarti selalu ada risiko, dan risiko berarti sulit untuk konstan. Sekarang kami dapat mencoba dengan cara yang berbeda pada titik rem dan menemukan sesuatu di area lain.”

Tags :

#
marquez,
#
honda,
#
motogp