MENU
icon label
image label
blacklogo

Mahakarya Art Deco Ini Membawa Kembali Kejayaan Peugeot

AUG 10, 2022@20:00 WIB | 164 Views

Sulit dibayangkan memang, tetapi sejak tahun 1930-an, Peugeot sudah membuat mobil biasa untuk khalayak pasar massal dan kini Peugeot sepertinya sudah lelah dan ingin kembali ke hari-hari awal kesuksesan saat mengikuti ajang balap. Coupe Khusus Peugeot 402 Darl'mat 1938 oleh Pourout ini adalah hasil dari nostalgia tersebut.

Seperti namanya, mobil tersebut dirakit oleh Emile Darl'mat, seorang pemilik dealer dan tim balap. Pada tahun 30-an prestasinya menarik perhatian Peugeot, kemudian mulai memasoknya dengan model 302 pada tahun 1936.

Pada tahun 1937, mereka memasuki 24 Jam Le Mans dan tahun berikutnya, Darl'mat diberikan versi terbaru dari Peugeot 402, yang memiliki bobot lebih ringan, serta ukuran yang lebih panjang dan lebih lebar dari sasis 302.

Mobil-mobil tersebut meneiliki dua desain bodi, yaitu tertutup dan terbuka, desain tersebut dirancang oleh coachbuilder, Marcel Pourtout, dan kepala divisi stylistnya, Georges Paulin,.

Sementara itu, mesin 2.0 liter dituning ulang oleh Victor Derbuell. Tim mengikutsertakan mobil pada balapan 24 jam Le Mans 1938, dan roadster yang dikendarai oleh Charles de Cortanze dan Marcel Contet berhasil finis pertama di kelas 2.0 liter dan kelima secara keseluruhan.

Darl'mat diyakini telah membangun total 150 Peugeot aerodinamis ini secara keseluruhan, dengan hanya 20 di antaranya berbentuk coupe, dan penelitian menunjukkan bahwa hanya enam yang didasarkan pada sasis 402 yang ringan. Dalam tahun-tahun berikutnya, hanya tiga yang diyakini masih ada hingga saat ini, menjadikan ini mobil yang sangat langka.

Restorasi komprehensif mobil ini dimulai pada tahun 2002 dan di-finishing lebih lanjut oleh RM Auto Restoration beberapa tahun kemudian.

Status mobil saat ini, bisa dikatakan cukup terawat dengan sangat baik dan siap ditawarkan untuk dijual di lelang Monterey RM Sotheby pada hari Jumat, 19 Agustus, perkiraan menunjukkan bahwa harga mobil tersebut berada di kisaran antara $1,1 juta (Rp16.4 miliar) dan $1,5 juta (Rp22,3 miliar). [ibd/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
peugeot,
#
peugeot 402,
#
art deco