MENU
icon label
image label
blacklogo

LUCA EV Concept, Masa Depan Mobil Cukup dari Limbah Plastik

JAN 28, 2020@08:00 WIB | 116 Views

Populasi manusia yang mendekati 8 miliar, menjadi perhatian serius tim otomotif dari Eindhoven Universtiy of Technology. Bagi mereka, hal yang paling mungkin dilakukan adalah membangun sebuah mobil tanpa harus menggerus konsumsi sumber daya alam. Mereka menciptakan mobil konsep EV-Luca dengan body yang terbuat dari limbah plastik hasil menyedot sampah plastik dari laut.

Proyek dari tim ecomotif Eindhoven sebenarnya lebih ke sustainability dan recycleablity. Jadi tim Ecomotif melihatnya limbah plastik sebagai bahan berharga yang bisa digunakan untuk project yang mewah sekalipun.Lihat bagian sasinya, terbuat dari material komposit dengan polythylene terephthalate (PET) yang dicampur dengan dengan beberapa lembar flax. 

Bagian body juga  dikembangkan secara baru bekerjasama dengan startup UBQ, yang mengkombinasikan  dengan aditif dari limbah rumah tangga dengan polypropylene. Beberapa frame alumunium juga digunakan dari bahan daur ulang.

Dua buah motor listrik diroda belakang digabungkan 15 kW serta kombinasi 6 paket baterai, membuat efisiensi tenaga sejauh 92 persen. Paket baterai modular juga bisa ditukar untuk pengisian dan efisiensi.

Sektor interiornya juga terbuat custom. Tidak butuh lagi layar infotainment yang besar, karena memboroskan tenaga. Cukup dengan kehadiran smartphone, guna mengisi informasi atau hiburan, serta tambahan head up display untuk membantu navigasi. Rencananya bulan Juni, tim ecomotif Eindhoven akan melakukan tur promosi, dan diharapkan telah menjadi sebuah mobil EV yang legal street. [Ahs/timBX]

Tags :

#
luca ev concept,
#
polythylene terephthalate,
#
electric vehicle,
#
ecomotive eindoven