MENU
icon label
image label
blacklogo

Luar Biasa! Orang Memodifikasi Jaguar Klasik Ini

DEC 31, 2020@14:00 WIB | 387 Views

Meskipun jarang, Jaguar yang dimodifikasi dengan selera tinggi dapat membuat kombinasi paling keren dari kelasnya dan kesan sporty pada empat roda.

Jaguar yang  dimodifikasi masih menjadi fenomena langka dalam adegan modding, dan itu karena tidak banyak bagian off-the-shelf yang dapat digunakan oleh perancang. Itu berarti sebagian besar pemilik mobil proyek harus membuat suku cadang mereka sendiri, yang membuat rancangan ini lebih mahal dan memakan waktu.

Meskipun jarang, ketika pemilik memodifikasi Jaguar mereka, mereka biasanya terlihat “gila”. Dari rancangan penyeberangan gurun hingga restomod yang sangat detail, ada banyak jenis rancangan di luar sana. Penggemar mencurahkan darah, keringat, dan air mata mereka untuk membuat gaya unik mereka pada karya klasik merek Inggris. Berikut ini sepuluh yang terbaik.

10/10 Jaguar XJ6 "The Connoisseur"

Memodifikasi Jaguar XJ6 ini merupakan hasil cinta dari pemiliknya, Colaërt Jean-François. Kurangnya bagian off-the-shelf berarti suspensi udara mobil harus direkayasa khusus, sebagian besar dengan trial-and-error.

Namun, hasil akhirnya terlihat bagus, dengan mobil dapat duduk rendah untuk pertunjukan tetapi juga kembali ke ketinggian stok sehingga tidak tergores saat perjalanan pulang. Roda Work three-spoke dan bumper depan custom melengkapi tampilan mobil yang ramping namun praktis.

9/10 Jaguar E-Type "20B Frankenstein"

Jika pernah ada satu E-Type yang mengirim orang-orang puritan ke dalam kemarahan, ini dia. Kreasi “gila” dari Coltech Classics di Poole, Inggris menggunakan mesin Mazda 20B triple-rotor, bukan blok stoknya.

Banyak modifikasi lain telah dilakukan, termasuk spakbor yang lebih lebar, kap yang didesain ulang, dan splitter belakang serat karbon. Ini adalah salah satu build E-Type paling keren saat ini.

8/10 Jaguar MkII "Ian Callum"

Ian Callum adalah mantan Kepala Desain di Jaguar, dan telah memainkan peran penting dalam membentuk jajaran merek saat ini. Dia juga memiliki perusahaan restorasi, yang membangun restorasi Jaguar MkII ini.

Mengambil semua garis klasik MkII tetapi menambahkan sentuhan dan fitur modern memberikan mobil yang terbaik dari kedua dunia untuk penggemar Jag. Segala sesuatu mulai dari kisi-kisi hingga pegangan pintu eksterior telah dirancang ulang dengan cermat oleh Callum, menjadikannya salah satu rancangan yang paling berorientasi pada detail.

7/10 Jaguar XKR "Arden Tuning"

Berpikir tentang budaya tuner tahun 2000-an biasanya memunculkan gambar Toyota Supras atau Camaros yang dimodifikasi, tetapi bahkan Jaguar pun tidak ketinggalan. Arden Tuning menciptakan kit seluruh body ini untuk Jaguar XKR, mengubahnya dari model klasik Inggris yang sederhana menjadi tuner yang serba bisa.

Sebagian besar panel bodi mobil dikerjakan ulang, dari lampu belakang melingkar baru hingga bumper depan yang disederhanakan dan dipangkas. Ini adalah produk pada masanya, tetapi masih berhasil mempertahankan ketenangannya sebagai mod retro hari ini.

6/10 Jaguar E-Type "Desain Foose"

Chip Foose, pemilik Desain Foose yang eponim, ditugaskan oleh pelanggan untuk membuat tampilan uniknya pada Tipe-E '74. Inilah hasilnya yang ditampilkan pada acara SEMA tahun 2019.

Perubahan yang paling terlihat adalah pelek krom yang lebih besar, tetapi banyak bagian lain dari desain aslinya yang juga telah diubah. Gril depan yang didesain ulang dan asupan udara yang diperbesar memberikan kesan Amerika pada mobil ini, tetapi pelestarian garis body klasik memastikan Jag ini tetap mempertahankan sentuhan Inggrisnya.

5/10 Jaguar XJ6 "Slammed"

XJ6 adalah basis yang tidak biasa untuk proyek, bahkan menurut standar Jaguar. Itu membuat rancangan ini semakin keren. Dengan gaya pelek yang biasanya diperuntukkan bagi muscle cars, jelas pemiliknya bermaksud memodifikasi Jaguar sesuai selera mereka.

XJ6 mempertahankan lencana bergaya warisan di gril depan, tetapi tampilannya yang lebih rendah dan kokoh sama sekali bukan warisan. Ini adalah kombinasi unik dari gaya lama dan baru, yang berpuncak pada mobil yang bersahaja tetapi tidak diragukan lagi luar biasa.

4/10 Jaguar XJ40 "The Gentleman"

Tampilan yang lebih rendah dan garis-garis yang bersih dari XJ40 ini menyerupai proyek drift Jepang, tetapi mobil ini sebenarnya dirancang di belahan dunia lain, di Belgia. XJ40 adalah produk mewah papan atas dari merek Inggris, yang bertujuan agar dunia tahu bahwa mereka masih bisa mengikuti para pemain besar.

Pemilik Jaguar, Kenny, memutuskan dia ingin mempertahankan stok interior mewah dan sebagai gantinya fokus untuk mencapai sikap agresif yang dia bisa. Hasilnya adalah sebuah mobil yang hampir tidak bisa lepas dari tanah, dan menggunakan roda Epsilon vintage yang sangat langka untuk melengkapi penampilannya yang gagah.

3/10 Jaguar XKR "Baguar"

The "Baguar". Ya, itulah "Jaguar yang dikantongi". Terlepas dari penamaan tersebut, pemilik Tristan Holmes melakukan pekerjaan yang hebat dalam menciptakan tampilan unik pada klasik Inggris yang kurang dihargai, Jaguar XKR.

Selain suspensi yang dikantongi, roda mobil melengkung di depan -26 derajat dan belakang -23 derajat. Itu memberikannya tampilan gesekan tanah yang jelas, sementara juga memungkinkannya cukup untuk mengatasi gundukan kecepatan. Cukup adil untuk mengatakan tidak ada hal seperti itu di luar sana sekarang.

2/10 Jaguar XJ "Dakar Rally"

Jaguar sebagai merek terkenal tidak bisa diandalkan, sehingga tidak akan menjadi pilihan pertama banyak orang untuk sebuah mobil reli. Masuki Jaguar XJ 1978 ini, yang berhasil dikendarai oleh pembalap Belanda Frans Van Engelen di Reli Dakar yang terkenal pada tahun 2003.

Mobil ini dilengkapi dengan 4.2L V8 yang bersumber dari Range Rover, dan sejumlah modifikasi off-road tugas berat yang membantunya mengatasi lingkungan gurun. Terlepas dari reputasi Jag yang goyah, XJ sebenarnya sangat andal sepanjang kompetisi, pada satu titik bahkan menarik truk bantuan Mercedes G Class yang rusak.

1/10 Jaguar XJ220 "Overdrive AD"

XJ220 adalah supercar Jaguar sejati pertama, dan mendapat kehormatan singkat sebagai mobil produksi tercepat di dunia. Itu juga sedikit istimewa, menampilkan antara lain, lampu belakang dari sedan ekonomi Inggris.

Pada 2013, rumah tuning Bulgaria Overdrive AD memutuskan untuk mengubah XJ220 dengan suku cadang yang lebih sesuai status. Mereka merombak sepenuhnya, termasuk lampu belakang itu. Unit baru tersebut dipinjam dari sebuah Ferrari, yang tampaknya jauh lebih sesuai mengingat status Jaguar yang memukau dunia. Banyak hal lain pada mobil itu juga diubah, dari pelek hingga interior baru beraksen karbon. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
jaguar klasik,
#
modifikasi jaguar klasik,
#
jaguar,
#
jaguar xj6,
#
jaguar xj220