MENU
icon label
image label
blacklogo

Lin Jarvis Bandingkan Perilaku Yamaha dan Honda Terhadap Pembalapnya

AUG 04, 2019@10:00 WIB | 740 Views

Pimpinan tim Yamaha MotoGP, Lin Jarvis, mengatakan pabrikan berbasis di Iwata itu lebih baik dalam menanggapi kebutuhan spesifik pembalapnya daripada Honda. Meskipun Marc Marquez lebih sukses dalam beberapa tahun terakhir, tapi Yamaha lebih tanggap terhadap pembalapnya.

Pengembangan motor RC213V spesifikasi 2019 sebagian besar telah ditentukan oleh Marquez, sementara Yamaha memberikan pembalapnya pabrikan, seperti Valentino Rossi dan Maverick Vinales, agar mereka lebih fleksibel untuk mengejar jalur pengembangan yang berbeda.

Rossi dan Vinales, menggunakan komponen sasis yang berbeda karena apa yang cocok untuk Rossi, tidak sesuai dengan Vinales, begitu juga sebaliknya. Situasi yang juga mungkin terjadi di Honda (antara Marquez dan Jorge Lorenzo).

Meskipun Lorenzo, yang saat ini absen karena pemulihan cedera, ia berusaha mendorong Honda untuk membuat motornya lebih ramah pengguna. Belakangan ini ia mengakui tanggung jawabnya untuk beradaptasi dengan sebuah motor yang memenangkan balapan di tangan Marquez, sebuah sentimen yang digemakan oleh Alberto Puig (pimpinan tim Honda).

Jarvis membandingkan pendekatan "manusia" dari Yamaha dengan pendekatan mode "diktator" Honda, yang menurutnya akan gagal jika tanpa Marquez.

"Saya pikir Yamaha mampu membuat motor yang dirancang khusus untuk setiap pengendara," kata Jarvis. "Honda merespons keanehan para insinyurnya. Secara umum, Yamaha beradaptasi lebih baik dengan kebutuhan para pembalapnya daripada Honda, dengan kontak antar manusia. Kita jauh lebih manusiawi.”

“Terkadang baik [juga], sedikit mengikuti garis diktator tetapi mungkin di saat yang lain lebih baik memiliki motor yang sesuai dengan jumlah pengendara yang lebih besar. Saya pikir lebih baik memiliki motor yang dapat dikendarai oleh beberapa pengendara.”

"Kemitraan antara Honda dan Marquez sangat kuat, tetapi jika Marc cedera atau memutuskan untuk pergi ke merek lain, Honda akan menemui banyak masalah."

Dia menambahkan, "Semuanya tergantung pada perspektif Anda menganalisis sesuatu dan apa yang sesuai untuk Anda.”

"Jorge dan Cal (Crutchlow) telah mencoba menyoroti masalah yang seharusnya dimiliki Honda, tetapi di sisi lain keberhasilan yang Anda miliki dari Marc…”

"Kami tidak punya masalah dalam mengikuti dua arah yang berbeda, kami telah melakukannya, sebelumnya dengan Valentino dan Lorenzo, dan kami memenangkan banyak gelar dengan keduanya [Valentino dan Lorenzo]."[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
yamaha,
#
honda,
#
motogp,
#
marquez,
#
rossi,
#
vinalles