MENU
icon label
image label
blacklogo

Kustom Honda CB900, Definisi Klasik Dengan Sentuhan Modern

DEC 18, 2020@10:00 WIB | 256 Views

Honda CB900 begitu dihormati empat puluh tahun yang lalu, tetapi saat ini pamornya dikalahkan oleh  motor sport yang lebih ringan, cepat, dan fitur lebih baik. Tapi bagaimana jika model klasik ini mendapat sentuhan terkini? NCT Motorcycles baru saja melakukannya.

Honda CB900F model tahun 1980 ini tiba di toko Austria dengan konsep dari pemiliknya. Dia menamakannya Black Swan, yang secara metafora dimaksudkan sebagai sesuatu yang tidak terduga yang memiliki dampak besar.

NCT mengambil brief itu dan berhasil. Berkat roda gigi Ducati dan bodywork kustom, CB900F ini tidak dapat dikenali kecuali untuk motor empat silinder segarisnya. Bahkan itu sudah tidak ada lagi.

Pemilik toko David Widmann mengatakan bahwa ada sekitar $9.690 dolar AS atau Rp137 juta suku cadang di dalam mesin. Daftar ini mencakup piston tempa dan batang penghubung, poros engkol yang lebih ringan, cam balap, katup baru dan sejumlah bit hop-up lainnya.

Knalpotnya dibuang untuk sistem balap empat jadi satu baja tahan karat, yang berujung di kaleng Akrapovic. Bersama dengan satu set baru dari karbohdrat Keilhin CR dan filter K&N, motor yang sekarang 980cc ini menghasilkan tenaga 130 hp di roda belakang.

NCT juga menggunakan mesin Ducati Monster 1100 EVO untuk beberapa bagian, seperti roda, swingarm satu sisi, shock belakang dan rem belakang.

Di bagian depan ada satu set garpu Showa, dipegang oleh kuk atas khusus dan sesuai dengan roda Ducati. Rem depannya dari Brembo, dengan master silinder baru dan jalinan baja tahan karat dari Spiegler. Ada juga fender depan serat karbon, dan satu set ban Pirelli Diablo Supercorsa yang agresif.

Untuk bodywork baru Honda yang ramping, David memanggil temannya Blaz Sustarsic dari ER Motorcycles di Slovenia. Blaz berperan merancang bagian baru dan membuatnya, seperti tangki dan buntut kendaraan. Setidaknya dibutuhkan waktu 200 jam untuk menyelesaikan tangki berbentuk aluminium ini. Selain itu, ada Michael Kolz sang engineer, yang membuat topi gas ala balapan yang mematikan.

Mengarah ke bagian paling depan, ada lampu nacelle dan penjepit penghitung kecepatan yang dicetak 3D. Ini disesuaikan dengan lampu LED dan penghitung kecepatan motogadget. NCT juga memasang kembali seluruh sepeda di sekitar Motogadget, memasang sakelar dan sinyal belok.

Peningkatan lainnya termasuk clip-on LSL, set belakang baru, dan LED combo lampu belakang/sein di belakang. Secara alami, Black Swan, memiliki corak siluman yang sesuai dengan namanya. Finishing sebagian besar berwarna hitam, dengan garis-garis pin yang halus, ‘bulu’ Honda di tangki dan motir CB980R kecil di bagian ekor.

Adapun pelapis joknya mengambil inspirasi dari interior SUC Lamborghini Urus, dan diakhiri dengan logo NCT Motorcycle rapi di bagian belakang. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
kustom honda cb900,
#
motor custom,
#
honda cb900,
#
nct motorcycles,
#
motor sport