MENU
icon label
image label
blacklogo

KTM 1290 Super Adventure S, Fitur Cruise Controlnya Berbasis Radar

FEB 01, 2021@19:30 WIB | 223 Views

Sosok superbike dengan mesin Adventure dari Super Adventure 1290 pertama kali diperkenalkan tahun 2015. Tahun 2021 rupanya menjadi bagian dari dirilisnya generasi ketiga, sebagai Super Adventure S 2021. Perpaduan roda 21 dan 19 inci, menggunakan travel suspensi lebih panjang dan ground clearance lebih untuk baik.

Emblem S, dari motor Adventure ini dipersiapkan untuk cross continental (touring antar dunia). Model generasi ketiga facelift ini telah mengalami perombakan, dengan menggendong mesin V-Twin  1301cc yang mengalami modifikasi.

Mesin 1300cc mampu menghasilkan 160hp, tenaga yang potensial untuk sebuah hatchback sport. Bagaimana bila mesin sekuat itu meluncur di darat hanya dengan dua roda? Video diatas mengarahkan seperti naik jet. Torsi 138 Nm sama seperti sebelumnya, namun secara keseluruhan bobot  terkurasi 1,6 kg dan standar emisi Euro 5. 

Casing baru, mesin baru, piston, knalpot, gir, jalur pendingian oli, dan sistem pendinginan dirancang  melalui sistem radiator melewati kaki pengendara. 

Bagian sasis telah direvisi, memberikan keseimbangan  bobot yang digeser lebih rendah ke belakang dan  stang kemudi yang lebih ringan.  Swing arm dibuat lebih panjang, membantu aktivitas suspensi lebih lincah, dan membantu stablitas throttle. Sektor subframe  pendukung 2 tempat duduk membawa posisi rider di 849mm, hampir menyamai BMW R 1250 GS.

Tachometer diwakili layar 7 inci baru, dilengkapi dengan adaptive cruise control berbasis radar Bosch, membantu menjaga jarak tetap konstan dan dapat menyesuaikan dengan motor didepan BlackPals. Itu artinya, tenaga sebesar apapun, akan dikontrol melalui radar, agar pengguna tidak terlalu bingung dengan torsi dan tenaga yang besar. Namun switch yang banyak cukup membingungkan bila tidak melatih jari-jari Anda mengontrol perintah lebih tepat.

Fitur quickshift menjadi optional, bisa difungsikan dan dimatikan. Fitur elektronik berbasis six axis UMU meliputi, cornering ABS, off road ABS, Stability Control, Motor Slip Control, multi mode traction control, hill hold control dan semi active WP Apex Suspension. 

Sudah dibekali keyless, KTM Super Adventure S 1290  punya lampu depan yang mendukung saat cornering. Didukung self cancelling indicator, bluetooth, dan tire pressure sensor.  Semua fitur ini dibikin untuk menjinakkan monster benua yang siap diajak riding ke belahan benua manapun. [ahs/timBX]

Tags :

#
ktm adventure,
#
ktm 1290 super adventure