MENU
icon label
image label
blacklogo

Konsep Baru Audi Revolusioner dan Berani, Inilah Perbedaan dari Pendahulunya

JUL 12, 2021@19:30 WIB | 120 Views

Arah industri otomotif semakin taham menuju dunia elektrifikasi dan otonomi. Pergerakannya nampak semakin drastis mengubah gaya kendaraan baru. Tentu produsen mobil yang tidak mengukuti pergeseran ini akan tertinggal, tetapi Audi sudah berpikir ke depan untuk kendaraan generasi berikutnya. Selama pembicaraan teknologi virtual untuk membahas desain, sejumlah media menerima rincian lebih lanjut tentang tiga kendaraan konsep Audi yang akan datang seperti yang telah diulas sebagiannya pada artikel sebelumnya, yaitu Sky Sphere, Grand Sphere, dan Urban Sphere.

Sky Sphere akan debut pertama selama minggu mobil Monterey di Pebble Beach bulan depan. Model ini terlihat seperti coupe ramping (bisa jadi tampil convertible) dengan fitur mengemudi otonom. Grand Sphere akan debut di pameran IIAA Mobility di Munich, yang dijadwalkan pada bulan September. Terakhir, Urban Sphere, model yang lebih besar yang dibangun untuk lingkungan perkotaan, tidak akan diluncurkan hingga tahun depan di Shanghai.

Kepada Carbuzz, Audi menyampaikan, paling dekat di Grand Sphere selama presentasi virtual. Profilnya tampak panjang dan rendah, mirip dengan model Audi Avant. "Kami desainer selalu memimpikan proporsi. Ini berarti overhang pendek, roda di tikungan, roda besar, dan wheelbase panjang," kata kepala desainer Audi Marc Lichte.

Tentu saja, proporsi ini sering ditentukan oleh mesin di depan dan gearbox di tengah, tetapi kendaraan listrik membuka kemungkinan baru untuk desain. Audi e-tron GT 2022 adalah contoh sempurna. "Sebagai seorang desainer, tidak pernah ada waktu yang semenarik hari ini. Saat ini adalah waktu terbaik untuk memikirkan kembali dan mengkonfigurasi ulang desain mobil," tambah Lichte.

Berdasarkan teaser Grand Sphere, konsep ini nampaknya akan berbentuk wagon (atau Avant dalam bahasa Audi), sebuah body style yang sepertinya disukai Audi. Ketika ditanya apakah Audi yakin station wagon akan muncul kembali saat beralih ke EV, Lichte tampak tertarik dengan ide tersebut. "(Grand Sphere) akan memiliki siluet yang sangat menarik. Aerodinamika sangat penting, parameter kunci. Audi selalu menjadi 'merek aero,' tetapi menjadi lebih penting di dunia listrik karena memberi Anda lebih banyak jangkauan," jawabnya.

Sederhananya, sebuah gerobak memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang, dan ketinggian kendaranya yang lebih rendah membantunya menembus udara, meningkatkan efisiensi. Jika konsumen menginginkan kombinasi ruang dan jarak mengemudi terbaik dari EV mereka, mereka mungkin perlu menggunakan station wagon.

Eksterior bukan satu-satunya elemen yang akan berubah dengan elektrifikasi dan otomatisasi. Desain interior akan berkembang pesat seiring berjalannya beberapa inci lebih dekat dengan kenyataan. "Selama 100 tahun terakhir, desain interior berfokus pada pengemudi. Jika itu tidak terjadi lagi, kami memiliki kesempatan untuk membuat kabin yang sama sekali baru. Ini akan menjadi ruang hidup ketiga di samping pekerjaan dan rumah Anda," jelas Lichte.

"Terkait dengan desain dan esensi merek, perpaduan arsitektur, kosakata desain, dan material yang sukses di interior adalah fitur pembeda dari setiap Audi yang hanya akan diperkuat di masa depan," tambah kepala desain interior Norbert Weber.

Audi membayangkan interior mobil terlihat sangat berbeda dari yang mereka lakukan saat ini, dengan penekanan yang lebih besar untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi penumpang. Sebagai bagian dari perubahan ini, Audi akan memasukkan material baru yang belum pernah kita lihat di mobil sebelumnya. Pelanggan mewah biasanya lebih memilih kulit daripada kain dan bahan lainnya, tetapi Tesla telah menunjukkan bahwa orang yang membeli EV lebih bersedia mengorbankannya untuk pelapis yang lebih ramah hewan.

"Kami sedang mengerjakan bahan vegan, melihat kulit pengganti," kata Weber. "Kami memiliki standar kualitas yang sangat tinggi yang tidak ingin kami kompromikan, tetapi segera Anda akan melihat bahan, tekstur, dan kain baru di mobil kami dengan tingkat kecanggihan yang tinggi."

Audi menegaskan bahwa tidak ada Konsep Sphere yang secara ketat dijadwalkan untuk memasuki produksi, tetapi akan mempengaruhi model Audi masa depan untuk bergerak maju. [asl/timBX]

Tags :

#
audi,
#
konsep baru modil audi,
#
sky sphere,
#
grand sphere,
#
urban sphere,
#
elektrifikasi