MENU
icon label
image label
blacklogo

Komparasi Toyota Camry 2020 vs Honda Accord 2020, Mana Yang Terbaik?

DEC 28, 2020@13:00 WIB | 261 Views

Toyota Camry dan Honda Accord adalah pilihan teratas di sedan keluarga menengah. Kedua mobil memiliki opsi hybrid yang sangat efisien. Bahkan Toyota Camry sekarang tersedia dengan all wheel drive. Toyota Camry dan Honda Accord secara head to head menjadi pemimpin kelas di segmen sedan menengah selama beberapa dekade. Setiap mobil berada di puncak permainannya, menawarkan skor keamanan dan keandalan yang luar biasa, fitur yang melimpah, interior yang lapang, dan opsi hybrid yang efisien.

Anda benar-benar tidak bisa salah dengan salah satu sedan ini, tetapi mari kita lihat lebih dekat perbedaan dan persamaan antara Camry dan Accord pada tahun 2020.

Eksterior

Mobil-mobil ini memiliki ukuran yang sangat mirip dan sesuai dengan sebagian besar segmen sedan menengah lainnya. Masing-masing berukuran sedang yang membuatnya lapang dan nyaman di dalam namun masih dapat bermanuver, dan tidak memakan terlalu banyak ruang di garasi Anda. Untuk gaya, ini adalah yang terbaik dari kedua mobil yang pernah ada. Tidak ada yang bisa menuduh sedan ini terlihat membosankan. Accord memiliki garis atap belakang yang landai, hampir memberikan kesan liftback. Camry memiliki banyak variasi visual dalam jajaran modelnya. Tampilan Camry dapat sedikit berubah tergantung pada trim mana yang Anda pilih, dan trim TRD, yang baru untuk tahun 2020, menambahkan paket tampilan yang sangat sporty.

Interior

Seperti eksteriornya, dimensi interior mobil ini sangat mirip. Meski ruang kabinnya serupa, bagasi Accord lebih besar dari Camry. Ruang kargo di bawah rata-rata adalah salah satu dari sedikit kekurangan Toyota. Sedangkan untuk desain interior, referensi lebih unggul untuk Accord. Pada Honda, desain interior dan kualitasnya cukup bagus, terutama di trim Touring kelas atas. Camry adalah tas campuran. Interiornya bisa menjadi sangat bagus di ujung atas, tetapi trim ujung bawah terasa agak murah. Interiornya tidak buruk bagi kedua mobil, hanya saja, Accord sedikit lebih bagus.

Accord memiliki dua opsi mesin 4 silinder turbocharged, sedangkan Camry memiliki basis 4 silinder dan V6 yang tersedia, keduanya disedot secara alami. Kedua sedan tersebut tersedia dengan opsi hybrid 4 silinder.

Mesin Accord Honda 2020

1,5 liter turbocharged segaris empat; 192 tenaga kuda, torsi 192 lb-ft; 30 mpg kota / 38 mpg hwy 2.0 liter turbocharged segaris empat; 252 hp, torsi 273 lb-ft; 23 mpg kota / 34 mpg hwy 2.0 liter hybrid inline empat; 212 hp, torsi 232 lb-ft; 48 mpg kota / 47 mpg hwy

Mesin Toyota Camry 2020

2,5 liter segaris empat; 203 hp, torsi 184 lb-ft; 29 mpg kota/41 mpg hwy V6 3,0 liter; 301 hp, torsi 267 lb-ft; 22 mpg kota / 33 mpg hwy 2.5 liter hybrid segaris empat; 176 hp, torsi 163 lb-ft; 51 mpg kota / 53 mpg hwy

Mesin dasar dan pilihan mesin berkinerja lebih tinggi cukup seimbang di antara para pesaing ini, meskipun Camry's V6 memiliki tenaga lebih besar daripada mesin 2.0 liter Accord. Sedan-sedan ini mengambil pendekatan yang berbeda dalam hybrid mereka: Honda lebih menekankan pada performa, sedangkan Toyota lebih efisien tetapi memiliki tenaga dan torsi yang jauh lebih sedikit. Jika Anda menginginkan keseimbangan yang baik antara penghematan bahan bakar yang sangat baik dan kinerja berkendara yang menyenangkan, Anda akan lebih memilih Accord Hybrid. Jika Anda menginginkan penghematan bahan bakar terbaik, Camry Hybrid adalah cara yang tepat.

Setiap mobil hadir standar dengan penggerak roda depan, tetapi Camry tersedia dengan penggerak semua roda untuk pertama kalinya, keuntungan baru untuk model 2020. Hal ini memberi Camry keunggulan dibandingkan Accord di iklim bersalju, menjadikannya pilihan bagi pengemudi yang menginginkan traksi yang meyakinkan saat jalanan menjadi buruk. Yang juga baru untuk tahun 2020 adalah Camry TRD, trim baru yang sporty dengan mesin V6, paket tampilan, dan suspensi sport-tuned. Trim TRD juga merupakan Camry V6 yang dilengkapi V6 paling terjangkau, menjadikannya nilai yang kuat.

Teknologi

Camry mendapatkan fitur teknologi baru yang penting untuk tahun 2020: Android Auto. Setiap trim Camry kini hadir standar dengan Apple CarPlay dan Android Auto melalui sistem infotainment 7-in yang dapat ditingkatkan ke unit 8-in dengan lebih banyak fitur. Ceritanya mirip di Accord, yang hadir standar dengan sistem infotainment 7-in yang dapat Anda tingkatkan ke layar 8-in. Namun, Android Auto dan Apple CarPlay tidak standar pada trim dasar Accord. Anda harus meningkatkan ke trim Sport atau lebih tinggi.

Sedangkan untuk teknologi keselamatan, kedua mobil dilengkapi dengan cukup murah hati, bahkan pada trim dasar. Camry hadir standar dengan rangkaian bantuan pengemudi Toyota Safety Sense-P, yang mencakup lane-departure warning, lane-keeping assist, adaptive cruise control, forward-collision warning, forward automatic emergency braking, pedestrian detection and automatic high beams. Sedangkan Accord hadir standar dengan rangkaian Honda Sensing yang serupa, yang mencakup forward-collision warning, automatic emergency braking, adaptive cruise control, lane-keeping assist, lane-departure warning, traffic sign recognition dan road-departure mitigation system.

Harga

Tak heran, harga dasar kedua rival ini hampir identik. Toyota Camry dimulai pada Rp 641,9 juta dan Honda Accord dimulai pada harga Rp698 juta. Sedangkan untuk hybrid, Honda bisa dibilang proposisi nilai yang lebih baik daripada Toyota. Accord Hybrid paling terjangkau yang bisa Anda dapatkan mulai dari Rp729,6 juta dan Camry Hybrid mulai dari Rp842 juta, juta. Ada lebih banyak variasi dalam jajaran Accord Hybrid, yang memiliki empat trim berbeda. Camry Hybrid hanya memiliki tiga.

Kesimpulan

Sekarang Camry telah tersedia AWD, Android Auto dan trim TRD baru yang sporty, ini menjadi sedikit keunggulan Camry dibandingkan Accord. Jangan salah: Kedua mobil luar biasa, tetapi pembaruan yang diterima Camry untuk tahun 2020 sudah cukup untuk memberikan keunggulan kompetitif atas rival terberatnya. Namun, jika Anda ingin membeli mobil hybrid, Accord Hybrid lebih terjangkau dan memberikan kinerja yang jauh lebih kuat daripada Camry Hybrid dengan tetap menghasilkan penghematan bahan bakar yang luar biasa. [ibd/timBX]

Tags :

#
toyota camry,
#
honda accord,
#
toyota camry 2020 vs honda accord 2020,
#
toyota camry 2020,
#
honda accord 2020