MENU
icon label
image label
blacklogo

Kia Kenalkan Sistem Bantuan Untuk Mobil Tanpa Penumpang

JAN 07, 2016@17:00 WIB | 767 Views

Kia Kenalkan Sistem Bantuan Untuk Mobil Tanpa Penumpang

Kia memang berjanji akan memiliki kendaraan otonom atau kendaraan tanpa pengemudi pada tahun 2030 mendatang. Sebelum melakukan produksi, pabrikan mobil asal Korea Selatan itu ingin mengenalkan teknologi generasi baru  yang dapat membantu kendaraan otonom melalui ajang Consumer Electronik Show (CES) 2016 yang dihetat pada tanggal 6 Januari di Las Vegas.  

Teknologi otonom yang dimaksud yakni 'Drive Wise'. Teknologi ini bisa saja meluncur pada tahun 2020. Lantas apa saja yang teknologi yang dimaksud? 

Kia mengkalim teknologi yang dapat membantu mobil tanpa penumpang ini seperti Highway Autonomous Driving dan Urban Autonomous Driving yang mengunakan sensor GPS yang memungkinkan teknologi ini dapat mengontrol ketika berada dijalan. Selain itu sistem Emergency Stop juga disematkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan mengalami masalah.

Sebelumnya, Kia telah melakukan pengujian kendaraan otonom-nya dijalan yang beragam di Nevada Desember 2015 lalu dengan kendaraan Soul EV. Kia dan Hyundai juga berjanji akan mengelontorkan dana sebesar 2 Milyar USD untuk melakukan penelitian sampai tahun 2018 sebelum masuk kedalam produksi. 

Nantinya kendaraan Kia akan dibekali dengan teknologi dibahwa merek drive Wise dan konsep I-Cockpit yang akan menunjukan beberapa solusi. Ini sangat demonstran, karena dapat terintergrasi didalam kabin hanya menggunakan sidik jari pemilik. Itu artinya teknologi tersebut dapat bekerja secara otomatis untuk mengatur seperti musik dan iklim yang bisa disesuaikan oleh pengemudi.

Tekonologi otonom adalah salah satu bagian terpenting dari industri otomotif sekarang, sejumlah perusahaan otomotif nantinya akan siap menerima kedatangan inovasi terbaru dari Kia. 

Laporan baru juga mengatakan, General Motor (GM) berencana untuk menguji kendaraan driverless dengan layanan ridesharing Lyft, Sedangkan Ford dan Google mungkin akan membentuk kemitraan yang sama dengan BMW untuk bisa menunjukkan konsep produksi diawal 2016. [Ddy/timBX]

Tags :

#
kia,
#
kendaraan otonom,
#
smartcar,
#
mobil pintar