MENU
icon label
image label
blacklogo

Kawasaki Percepat Pengembangan Proyek Motor Hybrid-nya

JAN 28, 2022@09:00 WIB | 135 Views

Paten terbaru dari Kawasaki telah mengkonfirmasi bahwa proyek sepeda motor hybrid perdananya telah mendekati tahap produksi berdasarkan paten terbaru perusahaan. Kawasaki mengumumkan rencananya untuk memiliki lebih dari sepuluh sepeda motor listrik atau hybrid pada tahun 2025. Melihat perkembangan yang terjadi pada proyek tersebut, pabrikan asal Jepang ini pasti akan segera mengungkapkan motor hybrid pertama mereka secepatnya.

Kawasaki telah menunjukkan purwarupa motor hybrid yang menampilkan mesin dua silinder bersama dengan motor listrik 48 volt yang dapat berjalan pada mode berbeda sesuai dengan lingkungannya. Motor ini akan berjalan dengan mesin pembakaran konvensional saat melaju tetapi beralih ke motor listrik selama berkendara di kota. Namun, mesin pembakaran dan motor listrik akan bekerja sama jika pengendara menginginkan performa terbaik.

Menurut paten terbaru, mesin hybrid dapat digunakan di beberapa model Kawasaki yang ada, yang lebih masuk akal daripada mengembangkan sepuluh sepeda motor yang sama sekali baru dari awal. Memperkenalkan versi hybrid dari model yang ada adalah praktik umum di antara perusahaan mobil. Hal ini sepertinya relevan jika Kawasaki mengikuti rute yang sama.

Paten yang baru diterbitkan menunjukkan bahwa model hibrida pertama dapat didasarkan pada kisaran Ninja 400/Z400 Kawasaki, karena menggunakan mesin paralel-twin yang sama yang dipinjam dari sepeda motor merek 400cc. Juga tersedia versi 250cc yang identik secara visual, dipasang dalam rangka baja, sedangkan baterai lithium-ion 48 volt hanya berukuran kecil seperti baterai mobil konvensional dan dipasang di bawah jok. Namun demikian, baterai akan tetap dingin berkat sistem berpendingin udara untuk memastikan biaya yang lebih rendah dan konstruksi yang lebih mudah daripada desain berpendingin cairan yang membutuhkan lebih banyak ruang dan kerumitan.

Sementara itu, paten ini juga mengungkapkan bahwa motor listrik ditempatkan di atas transmisi enam kecepatan. Gearbox akan memungkinkan sepeda motor ini untuk beroperasi sebagai sepeda motor mesin pembakaran konvensional dan kopling untuk mengaktifkan atau melepaskan motor. Sepeda motor ini juga akan menampilkan sakelar yang dipasang pada bar untuk mengubah persneling, mungkin mirip dengan mode manual DCT pada Honda Africa Twin.

Paten lain juga menunjukkan bahwa Kawasaki telah memperkuat motor listrik, memungkinkannya untuk digunakan sebagai shock mount belakang, berkat plat alloy cast yang menghubungkan rangka. Dan terakhir, detail rumit paten terbaru ini menunjukkan bahwa Kawasaki selangkah lebih maju dibandingkan pabrikan lain dalam mengembangkan sepeda motor hybrid yang siap produksi pada tahun 2025. Melihat perkembangan ini, tahun 2025 bisa menjadi tahun yang menarik untuk industri roda 2 dunia. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kawasaki